counter

Metropolitan

Budaya Betawi hadir di pusat perbelanjaan selama 26 hari

Budaya Betawi hadir di pusat perbelanjaan selama 26 hari

Pagelaran tari topeng Betawi meriahkan Betawi Rame-Rame (ANTARA News/Ganet Dirgantoro)

Jakarta (ANTARA) - Budaya Betawi hadir di seluruh pusat perbelanjaan yang dikelola Lippo Malls Indonesia melalui ajang "Betawi Rame-Rame" pada 4-30 Maret 2019.

"Kami hadirkan kebudayaan Betawi di 10 mall di Jakarta, yakni Gajah Mada Plaza, Pluit Village, Pejaten Village, Plaza Semanggi, Lippo Mall Pluit, Lippo Mall Kemang, Lippo Plaza Kramat Jati, Cibubur Junction, dan Tamini Square," kata Kepala Pemasaran Lippo Malls Indonesia Lilies Surjono di Jakarta, Minggu.

Lilies mengatakan budaya yang ditampilkan meliputi alat musik tradisional, tarian tradisional, kuliner tradisional, kain tradisional dan pameran busana daerah.

Terkait arti dari "Betawi Rame-Rame", Lilies menjelaskan sebagai ungkapan keragaman budaya Betawi yang diisi dengan peragaan busana tradisional, musik Gambang Kromong dan Tanjidor, upacara pernikahan, ondel-ondel dan lenong bocah.

Sedangkan dari segi kuliner ditampilkan makanan khas seperti dodol, ketoprak, kerak telur, asinan Betawi serta berbagai jajanan lainnya.

Beragam lomba juga disiapkan untuk pengunjung mal seperti lomba menghias ondel-ondel, lomba tari Betawi kreasi, lomba pantun dan palang pintu, lomba hias dodol Betawi, lomba makan Soto Betawi terpedas dan lainnya.

Kemudian untuk memberikan pengetahuan tentang budaya Betawi, terdapat beragam pameran budaya seperti pameran kain dan tenun Betawi.

Untuk memudahkan pengunjung mengetahui jadwal acara, lomba, pameran, dan program belanja menarik yang sedang berlangsung, dapat mengunduh aplikasi STYLES melalui Google Play Store dan App Store.

Lilies Surjono mengatakan kegiatan ini sebagai tanda ucapan terimakasih atas kiprah selama tiga dekade Lippo Malls.

"Kami sengaja menampilkan kembali budaya masing-masing daerah di mana mall kami berada. Hal ini didasari atas keinginan Lippo Malls untuk melestarikan budaya Indonesia dengan mengajak para pengunjung untuk menikmati kembali kekayaan budaya Indonesia khususnya generasi muda untuk tetap mengagumi dan melestarikan kekayaan serta tradisi-tradisi yang ada," ujar Lilies.
Bapak ini tengah memperagakan cara membuat dodol Betawi (ANTARA News/Ganet Dirgantoro)


Lilies menambahkan, melalui rangkaian kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam dan berbeda-beda.

"Keberagaman ini menjadikan Indonesia kaya akan budaya dan kita tetap harus menjaga setiap budaya tanpa melihat perbedaan dari mana budaya ini berasal," ungkap Lilies.

Lippo Malls Indonesia saat ini telah memiliki dan mengelola lebih dari 70 pusat perbelanjaan (mall) yang tersebar di 35 kota di seluruh Indonesia. 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar