London, (ANTARA News) - Lembaga Amnesti Internasional pada hari Jumat minta presiden-terpilih AS Barack Obama untuk mengumumkan tanggal bagi penutupan Guantanamo Bay.

Penjara milik-AS di Kuba itu tidak lama lagi akan berusia tujuh tahun.

Kelompok hak asasi manusia itu minta Obama untuk menyebutkan tanggal penutupan Guantanamo begitu ia dilantik pada 20 Januari.

"Kami bukan minta hal yang mustahil. Barack Obama telah menyatakan keputusannya untuk membuang beberapa kesalahan yang telah disahkan oleh pemerintah AS atas nama keamanan nasional dan kami akan memintanya untuk mengubah komitmen itu menjadi kenyataan," kata Sesjen Amnesti, Irene Khan, seperti dilaporkan AFP.

"Penutupan Guantanamo akan menandai awal pemutusan yang bagus dari kebijakan tahanan masa lalu, tapi hanya jika hal itu dilakukan di jalan yang sepenuhnya memenuhi kewajiban internasional AS," kata Khan.

"Hal besar dimulai dari yang kecil: jangan ada penciptaan lagi Guantanamo dengan nama lainnya di tempat lain."

Obama telah menyatakan keinginannya untuk menutup Guantanamo dan Menhan AS Robert Gates telah memerintahkan para pembantunya bulan lalu untuk menyusun rencana bagi penutupan fasilitas tersebut.

Penjara itu dibuka pada Januari 2002 untuk menahan mereka yang diduga sebagai "petempur musuh" yang ditangkap oleh pasukan AS dan sekutu di sekeliling dunia dalam aksi yang disebut "perang atas teror".

Amnesti juga mengumumkan kelompok hak asasi manusia itu telah menyelenggarakan demonstrasi akhir pekan ini untuk menandai ulang tahun ketujuh itu, dengan acara di Belgia, Kanada, Chile, Denmark, Finlandia, Spanyol dan Turki.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009