Jakarta (ANTARA) - Manajer tim Respol Honda Alberto Puig mengaku belum bisa mengidentifikasi masalah yang didapati Jorge Lorenzo yang gagal menyelesaikan balapan di Sirkuit Americas (COTA), Austin, Texas, pekan lalu.

"Saat ini kami belum mengetahui apa yang terjadi pada motor Lorenzo, kami masih melakukan investigasi dan kami butuh waktu untuk memahami apa masalahnya," kata Puig seperti dikutip laman resmi MotoGP pada Rabu malam.

Balapan GP Amerika Serikat pada Minggu (14/4) menjadi pekan buruk bagi Honda ketika Marc Marquez, yang mengincar gelar juara di Austin untuk ketujuh kalinya berturut-turut, terjatuh di lomba dan kehilangan kesempatannya, sementara rekan satu timnya, Jorge Lorenzo mengalami masalah mekanis untuk kedua kalinya pekan itu.

Rantai motor Lorenzo terlepas di sesi kualifikasi Q2, kejadian yang serupa menimpa Marquez di sesi latihan bebas di Argentina pekan sebelumnya.

Kemudian di balapan, Lorenzo harus menepi di Tikungan 12 pada putaran ke-11 balapan karena mendapati motornya bermasalah.

Puig mengungkapkan bahwa Marquez terjatuh karena kehilangan daya cengkeram ban depan. Sementara," target Jorge adalah sepuluh besar, tapi di dua lap pertama dia tidak terlalu cepat. Ketika dia mulai stabil, dia menjaga ritme balapannya dengan baik dan sedang naik posisinya, tapi kemudian dia mengalami masalah yang kami belum tahu sepenuhnya," kata Puig.

Lorenzo pun mengaku kecewa jika di tiga balapan terakhir, motornya selalu bermasalah.

"Banyak kekecewaan di tiga balapan ini terjadi tiga hal yang berbeda yang menghindarkan kami untuk mencapai hasil yang lebih baik, terlebih di balapan kali ini," kata Lorenzo.

"Ada kejuaraan di mana semuanya berjalan sempurna seperti yang aku jalani pada 2010 misalnya, sementara kali ini kebalikannya," kata juara dunia lima kali itu.

Baca juga: Hasil GP Amerika, Marquez tumbang, Rins juara baru di Austin

Walaupun tidak mengemas satu poin pun, sisi positif bagi Honda adalah bahwa Marquez tidak mengalami cedera di Austin.

Setelah gagal meraup poin di Austin, Marquez mengungkapkan perasaannya lewat akun Twitternya.

"Kami adalah manusia, kami membuat kesalahan, tapi yang paling penting adalah belajar dari mereka. Terima kasih atas dukungannya, kami akan kembali lebih kuat!"

Marquez kini berada di peringkat empat klasemen sementara dengan 45 poin, terpaut empat poin dari Rins yang naik ke peringkat tiga.

Balapan seri keempat MotoGP akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, 5 Mei nanti.

Baca juga: Rins bawa Suzuki juara dan patahkan dominasi Marquez di Austin
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019