counter

Beda penerbangan langsung dengan penerbangan "nonstop"

Beda penerbangan langsung dengan penerbangan "nonstop"

Ilustrasi perjalanan dengan pesawat (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Sebelum memutuskan mengambil penerbangan saat akan bepergian, ada baiknya Anda memastikan jenis perjalanan yang akan Anda ambil seperti penerbangan langsung ataupun penerbangan nonstop.

Meskipun sekilas tampak sama, kedua jenis penerbangan itu punya perbedaan mendasar, seperti tercantum dalam Huffpost, Sabtu.

Penerbangan nonstop tidak membuat pemberhentian antara asal keberangkatan dan tempat tujuannya. Jenis penerbangan itu tidak memerlukan pemberhentian untuk mengisi bahan bakar karena kemajuan teknologi. Tapi, harga penerbangan nonstop relatif paling mahal dan paling sering muncul di bagian atas pencarian.

Sementara, penerbangan langsung (direct flight) memiliki satu nomor penerbangan tapi dapat membuat satu atau lebih pemberhentian yang direncanakan dalam perjalanan ke tempat tujuan.

Penerbangan langsung dapat berhenti di titik tengah untuk membiarkan penumpang turun atau naik pesawat, bahkan untuk kebutuhan teknis seperti pengisian bahan bakar.

Misalnya, penerbangan langsung dari Jakarta ke London mungkin berhenti di Dubai. Tapi, penerbangan itu tetap menggunakan nomor penerbangan yang sama untuk kedua segmen perjalanan.

Baca juga: BPKN: kebijakan tarif bawah-atas penerbangan langgar hak konsumen

Penerbangan langsung umumnya lebih murah dibanding penerbangan nonstop. Tapi, penerbangan langsung lebih mahal dibanding penerbangan lanjutan (connecting flight).

Dalam penerbangan langsung, Anda biasanya tidak perlu turun dari pesawat sampai mencapai tujuan meski ada pemberhentian.

Namun, terkadang dalam penerbangan langsung ada maskapai yang mengharuskan penumpang untuk turun karena pergantian pesawat. Perjalanan itu masih tetap disebut sebagai penerbangan langsung karena nomor penerbangannya tidak berubah.

"Sebagian besar staf maskapai penerbangan akan cukup pintar menjawab seorang penumpang yang bertanya apakah penerbangan itu langsung. Saat penumpang bertanya apakah itu berhenti atau tidak, cobalah untuk memeriksa dengan seksama tiket saat Anda memesan," ujar mantan pilot Patrick Smith dalam blog "Ask The Pilot".

Beberapa maskapai menggunakan istilah penerbangan keseluruhan (through flight) atau penerbangan berkelanjutan (continuing flight) untuk menggambarkan penerbangan langsung.

Untuk menghindari kebingungan, perhatikanlah cetakan kecil saat memesan penerbangan.

Baca juga: Ini tujuh PR penerbangan nasional untuk Presiden terpilih

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar