Saya minta seluruh pegawi KAI memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama Lebaran
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan kereta api inspeksi selama tiga hari mulai 23-25 April 2019 untuk memastikan kesiapan dan keselamatan angkutan Lebaran 2019.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Selasa mengatakan kegiatan inspeksi ini untuk melihat sejauh mana kesiapan moda kereta api mulai dari jalur, stasiun, pelayanan hingga SDM, selama masa angkutan Lebaran 2019 nanti.

"Saya minta seluruh pegawi KAI memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama Lebaran 2019," katanya.

Tidak hanya itu, dalam perjalanan ini juga dilakukan identifikasi titik-titik rawan yang harus diperhatikan ekstra mengingat arus perjalanan kereta api bakal semakin banyak saat Lebaran 2019.

Titik rawan itu dapat berupa daerah rawan banjir, tanah longsor hingga pelemparan dan vandalisme.

Edi mengatakan pihaknya juga menyiagakan petugas pemeriksa jalur tambahan, penjaga jalan lintasan tambahan serta petugas pengamanan tambahan bekerja sama dengan TNI-Polri.

KAI juga menyediakan alat serta material yang ditempatkan di titik-titik tertentu, sehingga jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan.

Terdapat dua perjalanan KA inspeksi dari Stasiun Gambir. Pertama, KA Inspeksi Generasi 3 yang akan menuju Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Jember hingga Banyuwangi melalui jalur lintas utara Jawa.

Sedangkan lintas selatan Jawa akan menggunakan KA Inspeksi Generasi 2 yang akan menuju Stasiun Bandung, Purowkerto, Semarang Tawang, Malang, dan Stasiun Surabaya Gubeng.

Turut serta dalam inspeksi tersebut Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri beserta jajarannya, Ketua Komite Nasional Keselamatan Nasional Soerjanto Tjahjono, Komisaris dan DIreksi KAI, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Tahun ini, KAI menetapkan masa angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2017.

PT KAI menyiapkan 406 perjalanan selama angkutan Lebaran 2019, yang sudah termasuk 50 perjalanan KA lebaran tambahan.

"Melalui persiapan yang matang, kita harapkan moda transportasi KA selama masa angkutan Lebaran 2019 ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan terkendali," katanya.

Baca juga: Menhub: semua pihak siapkan keselamatan-kelancaran Angkutan Lebaran
Baca juga: Antisipasi titik rawan Lebaran 2019, KAI siapkan 11.000 personel gabungan

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019