Medan (ANTARA) - Polrestabes Medan mengerahkan sebanyak 2 kompi untuk pengamanan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kota Medan yang digelar di Hotel Inna Dharma Deli Medan.

"Ada sekitar dua kompi yang kita siapkan dalam upaya pengamanan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tingkat Kota Medan," kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto di Medan, Kamis.

Pelaksanaan pengamanan dilakukan tidak hanya di dalam gedung, namun juga di luar ruang pertemuan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan rapat pleno.

"Pengamanan kami maksimalkan agar tahapan akhir Pemilu 2019 di tingkat kota bisa berjalan lancar dan sukses. Penjagaan yang dilakukan personel berseragam maupun berpakaian sipil dan bantuan dari TNI, terus dilakukan sampai nanti selesai tujuh hari ke depan," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengimbau kepada semua pihak, apapun hasilnya nanti jika masih ada permasalahan yang timbul agar dapat menahan diri dan menyelesaikannya melalui mekanisme yang berlaku.

"Sehingga dengan demikian demokrasi kita ini benar-benar demokrasi yang beradab. Kami dari pihak kepolisian dibantu TNI akan terus menjaga agar proses rekapitulasi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Sebelumnya Ketua KPU Medan Agussyah Damanik mengatakan mulai hari ini pihaknya mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 untuk tingkat Kota Medan yang direncanakan selesai 7 Mei 2019 yang digelar di salah satu hotel berbintang di Medan.

"Proses rekapitulasi suara kami lakukan secara bersisian. Artinya mana yang sudah selesai tingkat kecamatan langsung kami plenokan di tingkat kota. Untuk hari ini kami memplenokan hasil dari Kecamatan Medan Baru dan Medan Kota," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019