Apalagi, pasokan elpiji untuk Kabupaten Kudus sepanjang 2019 juga sesuai kebutuhan sehingga ketika masyarakat sangat membutuhkan seperti bulan puasa ini benar-benar terpenuhi
Kudus (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meminta semua pangkalan elpiji di Kabupaten Kudus untuk menjaga keandalan stok elpiji ukuran 3 kilogram selama bulan Ramadhan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang biasanya mengalami kenaikan.

"Apalagi, pasokan elpiji untuk Kabupaten Kudus sepanjang 2019 juga sesuai kebutuhan sehingga ketika masyarakat sangat membutuhkan seperti bulan puasa ini benar-benar terpenuhi," kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno di Kudus, Selasa.

Alokasi elpiji bersubsidi yang diterima Kabupaten Kudus sepanjang 2019, katanya, sebesar 8,19 juta tabung atau mengalami kenaikan dibandingkan realisasi penyaluran selama 2018.

Pada 2018 Kudus menyalurkan elpiji 3 kg hingga 7,88 juta tabung, sedangkan tahun ini meningkat menjadi 8,19 juta tabung sehingga ada penambahan 315.333 tabung.

Untuk memastikan kebutuhan masyarakat selama puasa terpenuhi, jajaran Dinas Perdagangan Kudus melakukan pemantauan di lapangan.

Berdasarkan hasil pemantauan sementara, katanya, pasokan elpiji di masyarakat tersedia memadai, meskipun ada kenaikan permintaan.

Ia menyayangkan masih adanya yang menjual elpiji 3 kg dengan harga mencapai Rp20.000 per tabung atau melampaui harga jual eceran tertinggi sebesar Rp15.500 per tabung di tingkat pangkalan.

"Kami ingatkan bahwa keberadaan pangkalan untuk melayani konsumen rumah tangga. Artinya prioritas yang harus dilayani konsumen rumah tangga," ujarnya.

Apabila diketahui ada pangkalan yang tidak bisa menjaga stok elpiji-nya, kata dia, pihak agen akan diminta untuk memberikan pembinaan, mengingat alokasi elpiji yang diberikan tentunya sesuai kebutuhan masyarakat sekitarnya.

Jumlah agen yang menyalurkan elpiji 3 kg di Kabupaten Kudus sebanyak sembilan agen elpiji dengan jumlah pangkalan sebanyak 825 pangkalan.

Adapun kesembilan agen elpiji tersebut, yakni PT Bahtera Agung Sentosa, PT Lentera Cahaya Migas, PT Pelita Harapan, PT Aminah Maju Jaya, PT Bahagia Santosa, PT Dwi Audrine Putri, PT Ngupoyo, PT Lutfi Andalusia, dan PT Explorindo Solusi Gasindo.

 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019