Jakarta (ANTARA) - Nikola Jokic membukukan 25 poin, 19 rebound dan enam assist, sedangkan Paul Millsap mencatat 24 poin ketika tuan rumah Denver Nuggets menghempaskan Portland Trail Blazers 124-98 pada Game 5 semifinal Wilayah Barat Selasa malam waktu setempat atau Rabu pagi WIB tadi.

Denver yang kini memimpin 3-2 dalam seri playoff best-of-seven ini juga mendapatkan sumbangan 18 poin dan sembilan assist dari Jamal Murray. Gary Harris finis dengan 16 poin, sementara Malik Beasley dan Will Barton masing-masing mengemas 10 poin untuk Nuggets.

Game 6 akan dimainkan Jumat pagi WIB di Portland di mana Nuggets memenangi Game 4 di sana Senin pagi WIB lalu untuk merebut kembali keuntungan tampil di kandang sendiri. Game 7, jika harus dimainkan, akan dimainkan Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi WIB pekan depan di Denver.

Satu kali kemenangan lagi bakal mengantarkan Nuggets ke final Wilayah Barat keempatnya dan sekaligus yang pertama dalam 10 tahun terakhir.

Damian Lillard mencetak 22 poin untuk Portland yang untuk pertama kali dalam playoff tahun ini terancam tersingkir. Rodney Hood dan Zach Collins masing-masing menyumbangkan 14 poin, sedangkan CJ McCollum mempersembahkan 12 poin.

Nuggets tak pernah bisa disalip lawannya sampai sempat unggul 31 poin.

Millsap melakukan gebrakan disusul dua lemparan tiga angka dari Will Barton untuk membawa lari Nuggets 8-0 pada awal kuarter kedua sehingga memperlebar kepemimpinan Denver menjadi 14 poin. Lillard melepaskan sebuah lemparan tiga angka untuk membawa Blazers mendekat pada posisi 36-43 pada pertengahan periode ini, tetapi setelah itu Nuggets malah terus menjauh.

Murray mencatat tujuh poin dari dua layup dan sebuah lemparan tiga angka untuk kian merenggangkan Denver pada kedudukan 61-43. Setelah dua lemparan bebas dari Lillard, Millsap memaksa lawan melakukan foul usai melepaskan sebuah lemparan tiga angka sehingga mendapatkan tambahan satu poin dari lemparan bebas pada 15,1 detik terakhir menuju paruh kedua.

Portland mengejar sampai selisih 15 poin pada awal kuarter ketiga, tetapi Nuggets malah melesat ketika Murray menciptakan layup dan sebuah dunk dari Millsap, serta offensive rebound dari Jokic membuat kedudukan 85-60 pada 4 menit 10 detik menjelang kuarter ketiga berakhir.

Murray merancang untuk alley-oop Mason Plumlee, sedangkan Jokic mengonversi dua lemparan bebas untuk membawa Nuggets berlari 26-10 pada kedudukan 91-60. Blazers gagal pada 12 lemparan berturut-turut dan lebih dari lima menit bermain tanpa mendapatkan satu pun poin.

Portland hanya berhasil pada 7 dari total 28 lemparan pada kuarter ketiga serta gagal pada 10 dari total 13 lemparan tiga angka pada periode ini, sehingga memberi kesempatan kepada Denver untuk mendikte permainan sampai kedudukan 93-65 menjelang kuarter keempat dimainkan.

Blazers bangkit pada kuarter terakhir untuk memperpendek selisih poin menjadi 20 poin, tetapi Nuggets terlalu sulit dikejar untuk kemudian menutup kuarter terakhir ini dengan kemenangan, demikian Reuters.

Baca juga: Raptors terkam Sixers di gim kelima, rebut keunggulan 3-2
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019