Pemkab Jember pastikan stok pangan aman hingga Lebaran

Pemkab Jember pastikan stok pangan aman hingga Lebaran

DKPP bersama Satgas Pangan Jember melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Tanjung Jember untuk memantau harga dan ketersediaan pangan. (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Jember (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jember memastikan ketersediaan atau stok komoditas pangan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, aman selama Ramadhan hingga Lebaran 2019.

"Insya Allah stok kebutuhan bahan pokok masyarakat dapat tercukupi hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dan kami selalu memantau ketersediaan bahan pangan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKPP Jember Indah Dwi Budi Artini di Jember, Sabtu.

Menurutnya, tim satuan petugas (Satgas) Pangan Jember juga sudah turun ke beberapa pasar tradisional untuk memantau ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok pada awal Ramadhan beberapa hari lalu.

"Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, harga beberapa komoditas pangan masih stabil , kecuali bawang putih yang masih cenderung tinggi di pasaran," tuturnya.

Berdasarkan data DKPP, tercatat ketersediaan stok daging sapi sebanyak 550 ton, daging ayam ras sebanyak 5.915 ton, telur ayam ras 3.800 ton, beras yang ada di gudang Bulog Jember sebanyak 36.000 ton, gula sebanyak 3.000 ton, tepung terigu sebanyak 2 ton, minyak goreng 4.000 liter.

"Dengan stok yang ada itu, maka komoditas daging sapi, daging ayam ras, dan telur ayam ras dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama tiga bulan yakni bulan Mei, Juni, dan Juli, sehingga komoditas itu aman hingga pascalebaran," katanya.

Ia menjelaskan komoditas beras diprediksi aman hingga Maret 2020, sedangkan pasokan komoditas gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, dan cabai hijau terpantau cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Lebaran 2019.

"Kami juga akan terus memantau harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena DKPP akan berusaha maksimal untuk mencukupi komoditas pangan hingga Lebaran nanti," ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Haidori mengatakan pihaknya terus memantau stabilitas harga dan pasokan beberapa bahan pokok di pasar tradisional seiring dengan tingginya permintaan masyarakat terhadap beberapa komoditas pangan selama Ramadhan hingga Lebaran.

"Stok komoditas pangan di Jember aman hingga Lebaran 2019 dan kami juga akan menggelar pasar murah Ramadhan di 31 kecamatan di Jemberr untuk stabilkan harga bahan pokok di pasaran," katanya.

Baca juga: Satgas Pangan Jember cek stabilitas harga kebutuhan pokok

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar