Pangkalpinang (ANTARA) - Perum Bulog Subdivre Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan stok beras medium 2.500 ton dan premium 1.150 ton atau cukup hingga sembilan bulan ke depan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Kami pastikan stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah," kata Kepala Perum Bulog Subdivre Bangka Taufiqurahmah di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini stok beras jenis medium di gudang Bulog Bangka sebanyak 1.900 ton dan beras premium 550 ton. Sementara itu, stok beras medium di gudang Bulog Belitung sebanyak 600 ton dan premium 600 ton.

"Dengan ketersediaan beras yang cukup banyak ini, maka kita bisa menekan kenaikan harga melalui kegiatan operasi pasar di pasar tradisional dan pusat keramaian lainnya," katanya.

Menurut dia, selama puasa ramadhan ini, Bulog bekerja sama dengan pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan perusahaan BUMN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan kegiatan pasar murah, guna menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat.

"Saat ini kita sedang menggelar pasar murah di Pasar Pagi, Pasar Rumput Pangkalpinang dan alhamdulillah animo masyarakat cukup tinggi membeli berbagai kebutuhan pokoknya," ujarnya.

Ia menambahkan ketersediaan stok beras ini sangat penting dalam menjaga stabilitas harga, karena hampir 80 persen untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat Babel masih didatangkan dari Pulau Jawa dan Sumatera.

"Kita jauh-jauh hari sebelum puasa telah mengoptimalkan pasokan beras ini, guna menekan kenaikan harga yang akan memberatkan ekonomi masyarakat saat menunaikan ibadah puasa dan Lebaran Idul Fitri," katanya. ***1***
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019