untuk berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim dan duafa
Yogyakarta (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar kegiatan Humanity Food Truck dengan menyajikan ribuan makanan standar hotel berbintang untuk berbuka puasa kaum duafa di Masjid Balaikota Yogyakarta, Senin.

Kepala Cabang ACT Daerah Istimewa Yogyakarta Bagus Suryanto mengatakan pembagian makanan gratis melibatkan armada Food Truck 2.0 tersebut bertujuan untuk berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim dan duafa serta masyarakat Yogyakarta secara umum.

"Sengaja kami hadirkan layanan makan gratis yang tak kalah dari masakan standar hotel bintang lima agar masyarakat bersama-sama bisa menikmatinya dengan menyuguhkan menu yang sangat layak, higienis, sehat dan bergizi," kata Bagus.

Bagus mengatakan selain memeriahkan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, kegiatan Humanity Food Truck merupakan salah satu bentuk implementasi donasi dari mitra, donatur dan masyarakat yang dikelola ACT.

"Melalui program Humanity Food Truck inilah harapannya kita dapat memberikan layanan terbaik secara aktif dan masif sehingga dapat menjangkau masyarakat pra sejahtara di berbagai wilayah Yogyakarta," kata dia.

Atas terselenggaranya kegiatan itu, ia mengapresiasi Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah mendukung kegiatan Humanity Food Truck sehingga kegiatan buka bersama masyarakat dan anak-anak yatim dapat terselenggara pada momentum Ramadhan kali ini.

Dalam waktu dekat, Bagus menambahkan, Humanity Food Truck juga akan memasak seribu porsi untuk disajikan kepada para pemulung di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Piyungan, Bantul.

Setelah menggandeng Pemkot Yogyakarta, kolaborasi selanjutnya bekerja sama dengan Margaria Group untuk berbagi ribuan paket makanan secara gratis di wilayah DIY.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengemukakan tujuan utama Pemkot Yogyakarta menyelenggarakan bagi-bagi takjil bersama ACT DIY ini untuk berbagi.

Selain itu, menurut dia, melalui kegiatan itu Pemkot Yogyakarta ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa untuk memasak tidak melulu harus di dapur, tapi bisa di mana saja salah satunya melalui Food Truck milik ACT.

"Semoga di sepuluh hari pertama bulan Ramadhan ini kita bisa mendapat keberkahan Ramadhan dan semoga apa yang kita lakukan sore hari ini bisa menginspirasi kita semua untuk terus berbagi kebaikan," kata dia.

Sampai saat ini program Humanity Food Truck ACT telah memasak puluhan ribu porsi untuk masyarakat terdampak bencana banjir Bantul, serta masyarakat terdampak bencana di berbagai wilayah Indonesia, seperti Bengkulu, Lombok, Palu, Sigi, dan Donggala.


Baca juga: Kapal Ramadhan ACT Kepri singgahi Pulau Seraya
Baca juga: ACT bagikan paket iftar untuk ratusan anak di Gaza

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019