Triadi Fauzi
Jakarta (ANTARA) -
Makan pecel lele ternyata menjadi menu wajib bagi atlet renang Indonesia, Triadi Fauzi Sidik saat dirinya mendapatkan "cheat day” atau kesempatan menyantap makanan apapun di sela menjalani program latihan.

“Kalau boleh jujur ya, saya suka banget sama pecel lele sebelah rumah saya.  Kalau buat aku itu enak banget,” ucap Triadi saat dikonfirmasi dari Jakarta, Selasa sambil tertawa.

Meski menyukai pecel lele, Triadi mengaku tetap memperhatikan kebutuhan gizi  atlet. Asupan makanan yang dikonsumsi sangat dikontrol terlebih menjelang Southeast Asian Games 2019 (SEA Games) November mendatang.

Tiap hari, ia mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, ikan, dan daging yang dimasak oleh kakaknya. Ia tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan dan minuman kemasan.

“Karena aku tahu lelenya segar, prosesnya dari masih hidup dan baru diolah saat saya pesan. Apalagi lokasinya di samping rumah di Bandung,” kata pemuda pemegang rekor nasional 100 meter gaya bebas pada SEA Games Myanmar 2013 ini.

Khusus untuk persiapan menuju SEA Games di Manila, ia terus menggenjot performanya dengan berlatih keras terutama untuk memperbaiki renang gaya dadanya yang selama ini ia anggap masih lemah.

Hanya saja persiapan untuk menghadapi kejuaraan dua tahunan ini tidak seperti sebelumnya yang sering menjalani pemusatan latihan di luar negeri. Saat ini, latihan hanya difokuskan di dalam negeri (Bandung).

Triadi Fauzi merupakan salah satu andalan Indonesia untuk merebut medali emas. Atlet asal Bandung ini biasanya turun di banyak nomor mulai gaya bebas, gaya dada hingga gaya kupu-kupu.

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Wawan Indrawan
Copyright © ANTARA 2019