counter

Metropolitan

Jalan Mas Mansyur di Jakarta pilihan warga pulang kantor

Jalan Mas Mansyur di Jakarta pilihan warga pulang kantor

Situasi StasiunTanah Abang, Jakarta Pusat. (ANTARA/Citra Herman)

Jakarta (ANTARA) - Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta, menjadi pilihan warga yang akan pulang kantor setelah kawasan Jalan Medan Merdeka Barat dan Utara disekat menjelang hadirnya tim kuasa hukum pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, ke Mahkamah Konstitusi.

"Saya tadi mengambil rute Jalan Harmoni belok kiri di Cideng Timur terus ke KH Mas Mansyur," kata Anton, yang berkantor di kawasan Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, saat ditemui menjelang waktu berbuka puasa di kawasan KH Mas Mansyur, Jumat.

Kebetulan toko-toko di kawasan Tanah Abang masih banyak yang tutup sehingga di kawasan itu tidak macet, padahal kalau hari-hari biasa jalan itu termasuk padat karena banyak aktivitas perdagangan kendaraan umum yang berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Berdasarkan pantauan ANTARA, masih banyak yang tutup termasuk toko-toko kecil di depan Blok A Tanah Abang sampai dengan pukul 18.00 WIB sehingga kendaraan leluasa untuk melewati kawasan itu. Blok ini termasuk yang paling padat arus lalu-lintasnya hampir sepanjang waktu.

Seperti diketahui sejak kericuhan massa yang terjadi pada 22 Mei membuat pusat perbelanjaan Pasar Tanah Abang dan Stasiun Tanah Abang ditutup.

Meskipun seluruh aktivitas di kawasan itu telah kembali normal, terlihat kawasan Tanah Abang masih sepi pengunjung. Walaupun memang menurut Harto, pedagang kaki lima setempat, Pasar Tanah Abang tetap akan ditutup sampai 25 Mei 2019 atau menunggu situasi aman dan terkendali.

Harto juga mengatakan, kawasan tersebut masih terbilang cukup sepi walaupun aktivitas sudah berjalan seperti biasa.

Salah satu petugas keamanan di Stasiun Tanah Abang yang sedang bertugas juga mengakui penumpang komuter tidak seramai biasanya. "Sudah beroperasi normal dari tadi pagi, stasiun Tanah Abang dan Palmerah. Tapi ya tidak seperti hari biasa," kata petugas keamanan itu.

Lain halnya dengan Julita, seorang penumpang commuter line asal Depok yang transit di Tanah Abang menuju stasiun Palmerah.

"Aman sih tadi. Tapi tadi sempet ada kendala buka pintunya sekitar satu menit, agak lama lah," kata Julita

Sebelumnya, Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, menyampaikan rekayasa sementara KRL dari arah Stasiun Rangkas Bitung/Maja/Parung Panjang/Serpong, tidak melayani naik turun pengguna di Stasiun Palmerah dan Stasiun Tanah Abang.

Sementara itu KRL loop line relasi Bogor/Depok/Nambo-Duri/Jatinegara hanya beroperasi hingga Stasiun Manggarai.

Pewarta: Ganet Dirgantara dan Citra Maharani Herman
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penjualan hewan kurban di Tanah Abang sudah meningkat

Komentar