Jakarta (ANTARA) - Bank BJB selama Ramadhan dan menghadapi Lebaran 2019 menyiapkan dana likuiditas sekitar Rp9,17 triliun dalam upaya memenuhi kebutuhan permintaan masyarakat menghadapi hari raya Idul Fitri.

"Untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang selama Lebaran ini, bank BJB telah mempersiapkan dana likuiditas yang disebarkan di seluruh jaringan kantor. Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan semaksimal mungkin dana yang siap dicairkan untuk memenuhi kebutuhan lebaran," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank BJB, M. As’adi Budiman dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dikatakan, jumlah dana tersebut telah disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 H yang dikeluarkan untuk kebutuhan operasional. Distribusi likuiditas dilakukan secara bertahap dan berfokus pada kota tujuan mudik.

Bank bjb juga menerima layanan penukaran uang selama bulan Ramadhan 1440 H di seluruh jaringan kantor bank bjb. Selain itu, bank bjb bekerjasama dengan KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat telah menunjuk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Bandung secara khusus melayani penukaran uang. Sedangkan untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, Kantor Cabang yang ditunjuk secara khusus adalah Kantor Cabang (KC) Daan Mogot, KC. Gajah Mada, KC. Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus (KCK) Jakarta, KC. Kebayoran Baru, KC. Rasuna Said, KC. Rawamangun, KC. S. Parman, KC. Saharjo dan KC. Tangerang Selatan.

Sebagai bank sentral, BI akan menggandeng sejumlah bank, termasuk bank bjb dalam menyiapkan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui mobil layanan kas untuk wilayah Bandung dan Jakarta.

Mobil Layanan Kas ini dapat ditemui di Lapangan IRTI Monas pada 13-29 Mei 2019, Monumen Perjuangan Bandung 21 dan 23 Mei 2019, Halaman Parkir Balaikota Bandung 28 Mei 2019 dan Asia Afrika (Jl. DR. Ir. Sukarno) 29 Mei 2019. Kegiatan penukaran uang juga dilaksanakan di semua kantor cabang bank bjb yang tersebar di seluruh Indonesia.

Layanan ini juga sejalan dengan upaya pihak regulator dalam hal "clean money policy" dan mencegah peredaran uang palsu.

Untuk menyesuaikan layanan selama Ramadan dan menjelang Idulfitri 1440 H, bank bjb akan tetap membuka kegiatan operasional di luar hari kerja operasional pada tanggal 1, 2, 3, 4, dan 7 Juni 2019. Cakupan pelayanan yang dilakukan yakni untuk transaksi setor tunai, tarik tunai, angsuran kredit dan permintaan pelanggan.

Pada tanggal 1 Juni, kegiatan operasional di luar hari kerja operasional bisa dinikmati di 124 jaringan kantor yang antara lain tersebar di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kota Bandar Lampung, Kota Palembang, Kota Batam Kota Pekanbaru, Kota Medan, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kota Banjarmasin, Kota Tegal, Kota Denpasar, Kota Balikpapan dan Kota Makassar.

Sementara pada tanggal 2 Juni, pelayanan kepada nasabah dibuka di 24 jaringan kantor bank bjb yang ada di beberapa daerah, di antaranya Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, , Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Kemudian pada tanggal 3 Juni, kegiatan operasional di luar hari kerja operasional bisa dinikmati di 134 jaringan kantor yang tersebar di 14 Provinsi di Indonesia yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Tanggal 4 Juni, pelayanan hanya dilakukan di tiga jaringan kantor yaitu Kantor Cabang Buah Batu Bandung, Kantor Cabang Suci Bandung dan Kantor Cabang Tangerang Selatan. Terakhir, pada tanggal 7 Juni, juga hanya dilakukan di 3 jaringan kantor yaitu Kantor Cabang Pembantu Asia Afrika Bandung, Kantor Cabang Sukajadi Bandung dan Kantor Cabang Khusus Banten Serang.

Para nasabah juga bisa menikmati layanan transaksi konvensional melalui ribuan jaringan ATM bank bjb. ATM bank bjb, tersebar di wilayah strategis Indonesia serta seluruh jaringan ATM Bersama dan Jaringan PRIMA yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: Bank BJB bayarkan dividen Rp879,6 miliar

Baca juga: Yuddy Renaldi jabat Dirut Bank BJB

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019