Ini mplementasi kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam pembinaan teritorial kami sebagai satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG untuk membantu Satkowil yaitu Koramil di wilayah terpencil seperti halnya di perbatasan
Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI dari Yonif 725/WRG bersama rakyat melaksanakan kerja bakti pengecatan Balai Kampung Umuaf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Komandan Pos (Danpos) Unggalom Yonif 725/WRG Letda (Inf) Rusmin Ismail ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu (30/5) malam mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh pihaknya dalam membantu aparat kampung di wilayah penugasan.

"Kegiatan kerja bakti ini adalah salah satu wujud nyata kerja sama TNI dengan masyarakat sekaligus implementasi kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam pembinaan teritorial dari kami sebagai satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) untuk membantu Satkowil yaitu Koramil di wilayah terpencil seperti halnya di perbatasan," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI AD dalam membantu kesulitan masyarakat di wilayah yang menjadi binaannya.

"Kerja bakti tersebut dilakukan guna penataan kembali Balai Kampung Umuaf yang tampak pudar cat dindingnya yang terbuat dari papan kayu. Semoga dengan pengecatan balai kampung ini dapat memberikan kenyamanan dan keindahan serta kebersihan bangunannya sehingga bermanfaat sebagai sarana masyarakat untuk berkumpul bermusyawarah," katanya.

Dansatgas Yonif 725/WRG Letkol (Inf) Hendry Ginting S mengatakan kegiatan kerja bakti pengecatan Balai Kampung Umuaf merupakan bentuk sinergi TNI dan masyarakat untuk menciptakan suasana kebersamaan dan gotong-royong karena dilakukan dengan melibatkan lapisan masyarakat.

"Saya berharap, kerja bakti ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat untuk saling berinteraksi dan memberikan perubahan ke arah yang lebih maju di Kampung Umuaf," katanya.

Sementara itu, Kepala Kampung Umuaf, Daniel Debem sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas kegiatan kerja bhakti yang dilaksanakan oleh anggota Satgas Yonif 725/WRG bersama warga kampung.

Ia juga berharap melalui kerja bakti tersebut, dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk ikut bergotong royong dan peduli terhadap bangunan pemerintah serta menjalin hubungan yang harmonis dengan TNI.

"Kegiatan ini juga menyatukan warga yang jarang bertemu dengan bapak-bapak TNI untuk saling berkomunikasi," katanya.

Baca juga: Cegah malaria, Satgas Pamtas "fogging" Kampung Kibay-Keerom, Papua

Baca juga: TNI perbaiki PLTS di Kampung Ampas perbatasan Papua

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019