counter

Operasional layanan Kereta Bandara YIA ditambah saat Lebaran

Operasional layanan Kereta Bandara YIA ditambah saat Lebaran

Kereta Bandara menuju Yogyakarta International Airport (YIA) (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menambah operasional layanan Kereta Bandara serta kereta yang bisa berhenti luar biasa di Stasiun Wojo untuk melayani penumpang menuju dan dari Yogyakarta International Airport selama Lebaran.

“Jika sebelumnya hanya ada satu layanan Kereta Bandara pulang dan pergi dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo yang dioperasionalkan sejak awal Mei, maka saat Lebaran ini ada tambahan layanan,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Minggu.

Layanan operasional tambahan kereta menuju Stasiun Wojo tersebut rata-rata sudah mulai dijalankan awal Juni, namun ada beberapa jadwal yang hanya melakukan pemberhentian luar biasa untuk tanggal-tanggal tertentu saja.

Menurut dia, jadwal operasional layanan Kereta Bandara serta kereta yang bisa berhenti luar biasa di Stasiun Wojo sudah disesuaikan dengan jadwal keberangkatan maupun kedatangan maskapai di Yogyakarta International Airport.

Selisih waktu antara jadwal kedatangan kereta di Stasiun Wojo dengan keberangkatan pesawat masih cukup panjang. Dari Stasiun Wojo, penumpang pesawat dapat memanfaatkan shuttle bus untuk menuju bandara dengan jarak tempuh sekitar 15 menit.

Dengan demikian, Eko berharap, layanan Kereta Bandara dan kereta lain tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh penumpang yang menuju maupun tiba di Yogyakarta International Airport (YIA). Saat ini, di YIA melayani setidaknya lima penerbangan dari maskapai Batik Air.

Kereta Bandara dengan relasi Stasiun Maguwo hingga Stasiun Wojo dioperasionalkan dua kali perjalanan pulang pergi dalam sehari yaitu diberangkatkan dari Maguwo pukul 03.35 WIB dan tiba di Stasiun Wojo pukul 04.22 WIB serta pukul 10.40 WIB dan tiba di Wojo pukul 11.26 WIB.

Layanan kereta paling awal tersebut untuk memenuhi kebutuhan penumpang pesawat yang akan terbang pukul 05.30 WIB.

Sedangkan dari Stasiun Wojo hingga Stasiun Maguwo, Kereta Bandara diberangkatkan pukul 09.41 WIB dan tiba di Maguwo pukul 10.28 WIB, serta pukul 14.04 WIB dan tiba di Maguwo pukul 14.55 WIB.

Sementara itu, kereta dari arah timur yang dijadwalkan berhenti luar biasa di Stasiun Wojo adalah Joglosemarkerto yang berhenti pukul 07.51 WIB, Solo Ekspres yang berhenti pukul 10.27 WIB dan Prameks pukul 14.15 WIB.

Sedangkan dari arah barat, ketiga kereta tersebut juga berhenti luar biasa di Stasiun Wojo masing-masing dengan jadwal pemberangkatan pada pukul 13.12 WIB, 18.42 WIB dan 19.14 WIB.

Sementara itu, penumpang kereta di Daop 6 pada Sabtu (1/6) tercatat meningkat cukup signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu mengalami kenaikan 32 persen dari 87.672 penumpang tahun lalu menjadi 115.637 penumpang tahun ini.

Jumlah penumpang yang naik maupun turun di sejumlah stasiun di Daop 6 juga lebih banyak dibanding tahun lalu. Jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Tugu Yogyakarta tercatat sebanyak 11.681 orang dan penumpang yang turun 11.453 orang. Dari Stasiun Lempuyangan, jumlah penumpang yang naik 6.515 dan penumpang yang turun 4.533 orang.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PT KAI resmikan jembatan penghubung Stasiun Batu Ceper

Komentar