Jakarta (ANTARA) - Masyarakat menyambut positif pengecatan mural yang dilakukan Pemerintah Provinsi di terowongan Jalan Kendal dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492.

"Jadi makin bagus, bisa jadi spot foto instagramable baru di Jakarta," ujar salah seorang pejalan kaki, Rizal saat ditemui di terowongan Jalan Kendal, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut Rizal pengecatan mural di terowongan tersebut semakin memanjakan pejalan kaki yang melintas. Warna warni yang tersaji dalam goresan-goresan kuas di sisi kanan dan kiri dinding terowongan dapat menjadi pemandangan yang menyegarkan mata warga Jakarta.

Pria yang bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan di kawasan Tosari itu menilai pemilihan terowongan Jalan Kendal sebagai spot pengecatan mural merupakan hal yang tepat, lantaran lokasi tersebut hampir setiap hari dilewati oleh ribuan warga yang beraktivitas di pusat kota.

"Pengguna kereta yang turun atau naik di Stasiun Sudirman lewat terowongan ini. Pengguna MRT (moda raya terpadu) dan Transjakarta juga lewat sini juga, jadi memang sudah pas banget, terowongan ini memang ramai," ucap Rizal.

Warga Jakarta lainnya, Ester mengatakan mural-mural yang digambar merupakan representasi potret kota Jakarta saat ini, seperti adanya MRT serta jembatan penyeberangan orang berdesain unik.

"Jadi kota Jakarta yang sudah semakin cantik, tergambar di mural ini," kata mahasiswi salah satu universitas swasta di Jakarta itu.

Adapun Karyawati asal Bogor, Maya berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat lebih banyak melakukan kegiatan serupa agar ibukota menjadi semakin cantik dan berwarna.

"Daripada kotor sama coretan enggak jelas, mending digambar seperti ini, jadi lebih bagus," ucap Maya.

Baca juga: Terowongan Jalan Kendal dimural untuk sambut HUT DKI Jakarta

Sebelumnya, terowongan Jalan Kendal yang merupakan jalur pendestrian mulai dimural untuk menyambut HUT ke-492 DKI Jakarta.

"Program mural ini salah satunya untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke-492, tapi sebenarnya semangatnya adalah melibatkan komunitas untuk mempercantik kota gitu kira-kira," kata Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Pemprov DKI Jakarta Hendriana Werdhaningsih di Jakarta, Kamis (20/6).

Hendriana mengatakan bahwa mural tersebut melibatkan berbagai komunitas berdasarkan profesinya. Salah satunya Imural yang spesialis membuat mural serta mahasiswa dari perguruan tinggi dalam bidang komunikasi visual.

Baca juga: Pemprov DKI gelar acara HUT Jakarta usung ekonomi kreatif dan seni
Baca juga: Malam Puncak HUT DKI padukan unsur tradisional dan teknologi


 

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019