Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan proyek pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT) jalur Velodrome - Kelapa Gading sedang dilakukan proses audit anggarannya.

"Yah sekarang sedang diproses audit," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Selasa.

Mengenai desakan dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, M. Taufik yang mendorong untuk segera melaporkan proyek LRT ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Anies katakan menunggu hasil audit.

"Kita lihat dulu hasilnya (audit)," kata Gubernur.

Sebelumnya Taufik mengatakan bahwa pembangunan LRT untuk jalur Velodrome - Kelapa Gading merupakan proyek gagal waktu, gagal fungsi dan gagal efisiensi dana pembangunannya.

"Proyek LRT Kelapa Gading - Velodrome menurut saya proyek gagal, pertama gagal waktu (penyelesaiannya) dulu ramainya karena untuk mengangkut atlet dan penonton Asian Games," kata Taufik.

Menurutnya pembangunan LRT tersebut sama sekali tidak mengurangi kemacetan dan tidak efisiensi anggaran, dimana nilainya pembangunannya untuk satu kilometer menelan dana sebesar Rp1,1 triliun. Jadi totalnya Rp5,8 triliun untuk pembangunan 5,2 kilometer.

Baca juga: DPRD : LRT Jakarta jalur Velodrome - Kelapa Gading proyek gagal

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019