counter

Kemenristekdikti: ASEAN harus ambil peran dalam revolusi industri 4.0

Kemenristekdikti: ASEAN harus ambil peran dalam revolusi industri 4.0

Peserta menyelesaikan rancangan panel instalasi listrik domestik saat mengikuti pelatihan instalasi penerangan listrik sebagai peningkatan SDM menghadapi revolusi industri 4.0, di Balai Latihan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Karawang, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)

Kami akan mendeklarasikan Costi Retreat untuk mendukung persiapan ASEAN menyambut revolusi industri 4.0
Nusa Dua (ANTARA) - Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti Nada Marsudi mengatakan negara-negara ASEAN harus mengambil peran dalam revolusi industri 4.0.

"Presiden Joko Widodo saat pertemuan KKT ASEAN di Bangkok mengingatkan agar negara-negara di Asia Tenggara mengambil peran dalam merespons revolusi industri 4.0," ujar Nada di sela-sela ASEAN Committee on Science, Technology and Innovation (COSTI-76) di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Dia menambahkan Indonesia mengusulkan adanya aksi nyata dalam menjawab tantangan itu, dengan mempersiapkan sumber daya manusia.

"Kami akan mendeklarasikan Costi Retreat untuk mendukung persiapan ASEAN menyambut revolusi industri 4.0," kata dia.

Dalam Costi Retreat itu, disepakati dalam mempersiapkan SDM serta kontribusinya di era digital. Pihak ASEAN sendiri telah merekomendasikan proyek ASEAN Human Empowerment and Development yang difokuskan pada persiapan SDM untuk Revolusi Industri 4.0.

Nada yang juga co Chairman ASEAN Costi itu menambahkan deklarasi akan dilakukan usai pertemuan rutin itu yakni pada 28 Juni.

Dalam pertemuan itu, selain membahas mengenai persiapan menghadapi era Revolusi Industri 4.0, juga membicarakan keikutsertaan dari perusahaan swasta ke dalam program inovasi ASEAN.

Baca juga: Mendag bicara revolusi industri 4.0 di hadapan menteri ekonomi se-ASEAN
Baca juga: Rektor Unimed: Revolusi Industri 4.0 menuntut perubahan pendidikan
Baca juga: UNS ingatkan lulusan siap hadapi era industri 4.0


 

Pewarta: Indriani
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menristekdikti kenalkan 35 inovator diaspora Indonesia ke Presiden

Komentar