akhir tahun keuangan di Australia membuat memprediksi hasil perdagangan hari ini lebih sulit
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Jumat pagi, dengan saham sektor energi dan material menekan indeks pada hari terakhir tahun keuangan.

Pada pukul 10.35 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 11,90 poin atau 0,18 persen menjadi diperdagangkan di 6.654,40 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 9,30 poin atau 0,14 persen pada 6.733,70 poin.

"Perdagangan semalam stabil," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy kepada investor dalam catatan pagi.

"Pasar saham Asia Pasifik mengungguli rekan-rekan global mereka selama dua puluh empat jam terakhir. Baik Nikkei dan Hang Seng mencatat kenaikan kuat kemarin, dengan perubahan dalam prospek mata uang regional sebagai pendorong utama."

Namun terlepas dari sentimen positif di kawasan itu, McCarthy mengatakan, "akhir tahun keuangan di Australia membuat memprediksi hasil perdagangan hari ini lebih sulit."

"Peraturan perpajakan memberikan insentif bagi beberapa kelas investor untuk menjual posisi yang rugi, meningkatkan tekanan pada saham-saham yang sudah jatuh. Minat penjualan ini dapat diimbangi oleh pembelian para pengelola dana (fund manager) untuk kinerja bulanan, triwulanan dan tahunan," jelasnya.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,65 persen, Westpac Bank naik 0,68 persen, National Australia Bank naik 0,11 persen dan ANZ naik 0,28 persen.

Setelah kenaikan kuat kemarin, saham-saham pertambangan ditarik kembali dengan BHP turun 1,34 persen, Rio Tinto turun 2,37 persen, Fortescue Metals turun 0,87 persen dan penambang emas Newcrest turun 1,95 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga melemah dengan Woodside Petroleum turun 1,29 persen, Santos turun 1,11 persen dan Oil Search turun 1,25 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia melemah dengan Wesfarmers turun 0,96 persen dan Woolworths turun 0,37 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,26 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas berkurang 0,74 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,55 persen. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Wall Street bervariasi di tengah data utama ekonomi AS jelang KTT G20

Baca juga: Harga emas turun tipis tertekan kenaikan ekuitas AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019