counter

Ingin investasi mata uang kripto? Ini kiat bagi pemula

Ingin investasi mata uang kripto? Ini kiat bagi pemula

Ilustrasi seseorang melakukan transaksi mata uang kripto (cryptocurrency). (ANTARA News/Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Mata uang kripto (cryptocurrency) saat ini cenderung dilirik oleh para penikmat teknologi, pemodal, dan orang awam sebagai alternatif pilihan investasinya.

Alasannya, cryptocurrency dinilai memberikan ruang keuntungan yang besar dibanding instrumen investasi lainnya.

Namun, berinvestasi dalam dunia kripto tidak berarti selalu meraih keuntungan yang instan dan menjadi kaya mendadak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Chief Executive Officer digitalexchange.id Duwi Sudarto Putro kepada Antara di Jakarta, Sabtu, memberikan lima kiat bagi pemula untuk berinvestasi pada mata uang kripto.

Pertama, selalu memantau perkembangan isu atau berita mengenai mata uang kripto, baik di dalam negeri maupun eksternal.

"Dalam platform digitalexchange.id, kami menyediakan wadah edukasi untuk newcomers, salah satunya melalui sosial media seperti Telegram, Facebook, Twitter, Instagram dan juga YouTube sehingga memudahkan pengguna untuk memulai investasi cryptocurrency," ujar Duwi.

Kedua, untuk nasabah di pasar mata uang kripto, terutama digitalexchange.id disarankan untuk menggunakan premium feature di sehingga bisa melihat selisih harga dari masing-masing penyedia platform perdagangan yang akan menjadi margin untuk para nasabah.

"Dengan begitu, nasabah dapat memantau harga mata uang kripto yang dimilikinya dan dapat mengambil keputusan secara cepat," katanya.

Ketiga, membaca grafik atau pola pergerakan mata uang dari sisi volume transaksi sebelumnya dalam jangka waktu tertentu.

"Melihat volume transaksi sebelumnya, bisa 24 jam belakangan, satu bulan sampai tiga bulan atau satu tahun terakhir di 'coinmarketcap' untuk menentukan harga yang pas untuk membeli sesuatu aset digital," papar Duwi.

Keempat, melihat implementasi riil sektor dari aset digital yang di tawarkan, contohnya sebagai alat pembayaran.

"Dan terakhir, membeli saat rumor beredar dan menjual saat rumor tersebut telah di konfirmasi," kata Duwi.

Baca juga: Perkembangan teknologi dorong milenial berinvestasi cryptocurrency

Baca juga: Mengenal Libra, mata uang kripto Facebook

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Uang virtual Libra Facebook tidak berlaku di Indonesia

Komentar