counter

Anies "naik" Reog Ponorogo di Jakarnaval 2019

Anies "naik" Reog Ponorogo di Jakarnaval 2019

Gunernur DKI Jakarta saat menaikin Reog Ponorogo di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (30/06/2019). (ANTARA/Kuntum Khaira Riswan)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara spontan menaiki Reog Ponorogo pada acara parade Jakarnaval 2019 yang berlangsung di depan Balai Kota DKI Jakarta, Minggu sore.

Saat arak-arakan, Bantarangin Reog Ponorogo tersebut berhenti untuk melakukan atraksi di depan panggung, Anies tiba-tiba turun untuk menyapa dan penari menggendong Anies untuk naik ke salah satu reog.

Sekitar satu menit, Anies tampak menikmati pemandangan dari atas reog sembari melempar senyum ke arah masyarakat yang tampak antusias melihat aksi tersebut.

Baca juga: Gambang kromong bernuansa nasionalis buka Jakarnaval 2019

Wakil ketua Komunitas Reog DKI Jakarta Nudjeng menyampaikan aksi tersebut pada awalnya sempat tidak diizinkan aparat keamanan.

“Awalnya dilarang tetapi karena Pak Anies lihat saya, Bapak turun dan langsung kita naikan,” ujar Nudjeng yang mengaku memang mengenal Gubernur DKI tersebut karena kerap bertemu pada berbagai kesempatan.

“Tidak sembarang orang, menjadi kehormatan bagi reog kalau bisa diangkat ke atas kepala karena merak itu sendiri beratnya sudah 70 kilogram belum berat Pak Anies,” kata Nudjeng.

Baca juga: Kedutaan asing ambil bagian di Jakarnaval 2019

Nudjeng mengemukakan alasan untuk menggendong Gubernur DKI Jakarta tersebut guna menunjukkan kedekatan emosional.

Jakarnaval 2019 merupakan rangkaian acara yang digelar dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta, mengangkat tema “wajah baru” ibu kota yang sedang terus membangun. Kegiatan tersebut diperkirakan dimeriahkan 3.500 peserta, mulai dari parade berjalan kaki hingga 65 kendaraan hias.

Rute parade akan terbagi menjadi 2 yaitu parade dengan berjalan kaki yang akan dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Bala Kkota Jakarta, mengarah ke Jalan MH. Thamrin dan kembali ke arah Monas.

Kemudian parade kendaraan hias yang dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balai Kkota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, dan berakhir di Bundaran HI.

Acara akan dilanjutkan dengan panggung hiburan di Monas yang akan dimeriahkan sejumlah artis seperti Krisdayanti pada pukul 19.00 WIB.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Anies Baswedan sebut Jakarnaval gerakkan ekonomi

Komentar