Saya menyampaikan pesan ke seluruh jamaah calon haji, agar sesampainya di Tanah Suci jadilah tamu Allah yang baik, penuh khusyuk, sabar dan tawakal
Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, Habib Hadi Zainal Abidin, Senin, melepas keberangkatan sebanyak 155 calon haji daerah itu di halaman kantor wali kota setempat.

Jamaah calon haji yang terdiri atas sebanyak 70 pria dan 85 wanita itu akan bergabung di kloter 9 dengan jamaah dari berbagai daerah, yakni jamaah dari Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Magetan dan Trenggalek, kemudian akan bermalam di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Pelepasan itu juga dihadiri Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, Dandim 0820 Letkol (Inf ) Imam Wibowo, Ketua MUI Kota Probolinggo Nizar Irsyad, dan Kepala Kementerian Agama Kota Probolinggo Mufi Imron.

"Atas nama pribadi dan pemerintah, saya menyampaikan pesan ke seluruh jamaah calon haji, agar sesampainya di Tanah Suci jadilah tamu Allah yang baik, penuh khusyuk, sabar dan tawakal," kata wali kota.

Menurutnya ibadah haji adalah menjalankan rukun Islam bagi yang mampu, sehingga jamaah yang berangkat mempunyai kemampuan dan tekad yang kuat dengan hati yang tulus dan niat ikhlas sebagai tamu Allah SWT.

"Kekhusyukan ibadah sangat penting karena menjadi tamu Allah adalah panggilan untuk umat Islam, sehingga doakan yang lain, agar segera berangkat dan dikabulkan hajatnya. Mohon doanya supaya Kota Probolinggo bisa lebih baik lagi," katanya.

Ia juga berpesan jamaah calon haji dalam menjalankan ibadahnya mengutamakan yang wajib dulu baru sunahnya. Wali kotajuga mengucapkan selamat jalan dan sampai kembali ke rumah diberi kelancaran kesehatan, serta semoga menjadi haji mabrur.

"Saya akan memantau kesehatan jamaah calon haji selama berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan berharap tidak ada kendala, sehingga semua jamaah asal Kota Probolinggo dapat berangkat untuk menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci," kata Habib Hadi Zainal Abidin.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kota Probolinggo Mufi Imfron mengatakan sesampainya di Asrama Haji Sukolilo, para jamaah calon haji akan disambut petugas haji di Surabaya dan setelah diterima akan diberi penjelasan, ada pengecekan administrasi, pengecekan kesehatan untuk layak terbang ke Arab Saudi.

"Kepada keluarga, harapan kami tetap bersabar dan berdoa. Kami akan berdoa jamaah calon haji yang berangkat dalam keadaan selamat tidak ada kekurangan apapun, sehingga dapat melaksanakan ibadah di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, dan kembali dalam keadaan haji mabrur," katanya.

Baca juga: Pemkab Probolinggo siapkan 6 titik pemberangkatan calon haji

Baca juga: 250 petugas akan amankan pemberangkatan calon haji

Baca juga: Astipah jadi calhaj tertua Kota Probolinggo

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019