Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin Hafiza Fikri Fadel membagikan tip dasar menggunakan produk perawatan wajah agar hasilnya maksimal.

Hal pertama yang wajib diperhatikan, menurut Hafiza adalah memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit. Untuk itu, seseorang perlu mengetahui jenis kulitnya terlebih dahulu.

"Misalnya kulit kita sensitif, kita perlu hati-hati step by step penggunaan produk, karena begitu muncul satu tanda seperti iritasi setelah step pertama, sebaiknya tidak digunakan lagi," katanya, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan setelah mencuci wajah, sebaiknya gunakan serum untuk mengembalikan kelembapan dan merangsang produksi sel kulit baru, setelah lapisan terluarnya terkikis oleh bahan aktif dari sabun.

"Untuk kulit kita kering, sebaiknya juga gunakan pelembap. Bila kulit kita normal, bisa lanjut ke step berikutnya seperti pemakaian serum," ujar dia.

Selanjutnya, yang tak kalah penting adalah memberi jeda waktu antara pemakaian satu produk ke produk lainnya. Ia menyarankan jeda waktu minimal sekitar 20 menit.

"Karena ada produk yang memiliki bahan aktif, bertemu dengan produk berbahan aktif lainnya, yang bisa meniadakan efek untuk kulit," demikian Hafiza.

Baca juga: Ini faktor eksternal penyebab kulit wajah kendur
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019