counter

Menlu bertemu Menkopolhukam bahas perbatasan Indonesia-Timor Leste

Menlu bertemu Menkopolhukam bahas perbatasan Indonesia-Timor Leste

Menlu Retno Marsudi (kiri) berjabat tangan dengan Menkopolhukam Wiranto (kanan) usai membahas terkait perbatasan Indonesia dan Timor Leste di Kantor Kemenpolhukam Jakarta, Kamis (18/7/2019) (ANTARA/FAUZI LAMBOKA)

Kasus perbatasan ini sudah berlarut-larut
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengunjungi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto membahas perbatasan Indonesia dan Timor Leste di Kantor Kemenpolhukam Jakarta, Kamis.

Menlu Retno mengatakan pertemuan tersebut untuk melaporkan hasil Senior Official Consultation (SOC) terkait penyelesaian perbatasan darat Indonesia dengan Timor Leste.

SOC merupakan kesepakatan antara Menkopolhukam Wiranto dan Menlu Retno Marsudi yang mengadakan pertemuan dengan Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste di Jakarta pada 2017.

Baca juga: Menlu Retno terima kunjungan Menlu Timor Leste

SOC bertugas untuk membahas secara teknis penyelesaian sengketa batas negara.

Sebelumnya, pemerhati masalah perbatasan dari Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, NTT Pater Gregorius Neonbasu SVD mengaku masalah tapal batas antara RI-Timor Leste penanganannya berlarut-larut.

"Kasus perbatasan ini sudah berlarut-larut. Semenjak 2006, saya terlibat dalam berbagai urusan, diskusi soal penanganan tapal batas, namun hingga saat ini belum ada juga titik terang," katanya kepada Antara di Kupang, akhir 2018.

Baca juga: Menkopolhukam-Menlu bahas opsi penyelesaian perbatasan

Hal ini disampaikan menanggapi pertanyaan seputar belum tuntasnya penyelesaian sengketa tapal batas antara Indonesia dan Timor Leste di wilayah Naktuka dan Manusasi di Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Utara.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menlu: masyarakat harus diedukasi ilmu diplomasi

Komentar