Batam (ANTARA) - Embarkasi Hang Nadim Batam mulai memberangkatkan jamaah calon haji asal Provinsi Jambi, setelah sebelumnya melayani tamu Allah dari Provinsi Kepulauan Riau, Riau dan Kalimantan Barat.

"Hari ini mulai diberangkatkan JCH Jambi dari embarkasi haji antara Jambi," kata Kepala Bagian Humas dan Informasi Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam, Syahbudi, Kamis.

Karena melalui embarkasi haji antara, maka seluruh jamaah calon haji asal Jambi tidak menginap di asrama, melainkan hanya singgah sejenak di Bandara Hang Nadim.

Wakil sekretaris PPIH Embarkasi Antara Jambi M Taufik mengatakan setelah dilepas Sekda Provinsi Jambi, mewakili Gubernur, seluruh jamaah bertolak ke Batam. "Kami sampai sekitar pukul 4.00 WIB. Semuanya shalat subuh berjamaah di sini," kata dia.

Kemudian jamaah beristirahat sejenak sambil menunggu penerbangan ke Tanah Suci.

Ia mengatakan seorang calon haji, Ishak Zaini, terpaksa menunda keberangkatannya karena diketahui sakit, menjelang pemberangkatan ke Batam.

Petugas kesehatan kloter 21, Yogi Pratama mengatakan seorang calon haji keberangkatannya tertunda menderita dimensia akut. "Yang bersangkutan terpaksa diobservasi di bandara di Jambi," kata dia.

Sementara itu, pada musim haji tahun ini Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan 12.860 calon haji dari Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat yang terbagi dalam 29 kloter.*

Baca juga: Seorang calhaj Jambi tertunda berangkat karena dimensia ringan

Baca juga: Tergabung kloter 21-28, calhaj Jambi berangkat dari Embarkasi Batam

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019