Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arema FC Milomir Seslija memuji peran kapten sekaligus bek tengah Hamka Hamzah usai timnya mengimbangi Persija Jakarta dengan skor 2-2 dalam lanjutan Shopee Liga 1 musim 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Menurut Milomir, Hamka berperan besar dalam terciptanya gol kedua Arema di menit ke-90+5 untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2, di mana pemain berusia 35 tahun itu merangsek ke lini depan dan membuka jalan Ahmad Nur Hardianto untuk mencetak gol.

Baca juga: Gol menit akhir gagalkan kemenangan Persija atas Arema

"Dia seperti bek klub Real Madrid Sergio Ramos. Memenangkan duel di depan gawang lawan dan bisa diselesaikan menjadi gol," kata Milomir usai pertandingan.

Ketika Arema FC tertinggal 1-2 dan laga tersisa kurang dari satu menit, Hamka Hamzah maju ke pertahanan lawan untuk mendampingi penyerang Ahmad Nur Hardianto.

Di antara kerumunan pemain Persija dalam kotak penalti, Hamka berhasil menerima umpan panjang Hanif Sjahbandi dengan dadanya.

Dia memutar badan untuk menendang bola ke gawang, tapi gagal. Bola liar kemudian disepak dengan keras oleh Ahmad Nur Hardianto yang muncul dari belakang. Skor pun menjadi imbang 2-2.

"Hamka adalah pemain berpengalaman dan paham bagaimana mengatur posisinya di lapangan. Dia sosok pemimpin yang baik di tim," ujar Milomir menambahkan.

Meski tampil bagus di laga kontra Persija, pelatih asal Bosnia itu berencana untuk mengistirahatkan Hamka dan penyerang Sylvano Comvalius, yang mengalami cedera minor pada laga tandang menghadapi Kalteng Putra pada Rabu (7/8).

"Saya ingin mereka fit di pertandingan derby Jawa Timur melawan Persebaya, Kamis (15/8)," tutur dia.

Di laga menghadapi Persija, Arema unggul lebih dahulu dalam laga itu melalui gol Hanif Sjahbandi (8'). Persija menyamakan kedudukan di menit ke-20 berkat gol Novri Setiawan, sebelum sepakan Simic (51') membuat Persija unggul 2-1.

Gol penyerang Arema Ahmad Nur Hardianto di menit ke-90+5 membuat skor sama kuat 2-2 hingga akhir laga sekaligus membuyarkan kemenangan Persija.

Hasil itu membuat Arema bertengger kokoh di posisi keempat klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan mengoleksi 19 poin dari 11 laga. Sementara Persija masih terbenam di peringkat ke-17 klasemen atau kedua terbawah dari 18 tim peserta.

Baca juga: Pelatih: Arema buat banyak kesalahan saat imbangi Persija

Baca juga: Pelatih-pemain Persija kompak salahkan wasit usai imbang dengan Arema

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019