Nairobi (ANTARA News)- Para perompak Somalia hari Jumat merompak sebuah kapal tanker kimia Indonesia bersama 24 awaknya di Teluk Aden, kata salah satu lembaga pengawas maritim.

Kapal Premoni berbendera Singapura itu dirompak dalam pelayaran ke India. Perompakan tersebut merupakan yang ketiga kalinya sejak Agustus di kawasan yang dijaga angkatan laut berbagai negara, kata Andrew Mwangura dari the East Seafares Assistance Programme.

Perompakan tersebut juga merupakan perompakan pertama tahun ini (2010). Para awak kapal yang disandera antara lain 17 orang Indonesia, lima warga negara China, seorang warga Nigeria, dan seorang Vietnam, kata Mwangura, seraya menambahkan bahwa para awak kapal itu dalam keadaan aman.

Pada hari Senin, para bajak laut merompak St James Park, sebuah tanker berbendera Kerajaan Inggis bersama 26 awak kapal dari sembilan negara, sementara pihak berwenang Yaman mengatakan pada hari yang sama bahwa sebuah kapal barang Yaman bersama 15 orang awak kapal juga dirompak.

Sejak akhir musim hujan tiga bulan lalu yang menjadikan para bajak laut bisa melakukan kembali aksi mereka, para perompak Somalia berpindah sasaran dari Teluk Aden menuju lautan terbuka Samudera Hindia hingga Seychelle dan sekitarnya.

Perompakan kapal Indonesia itu menjadikan paling tidak sudah 12 kapal yang dibajak dengan sekitar 270 pelaut disandera.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010