Jambi (ANTARA News) - PT Jamsostek meluncurkan program renovasi atau pengembangan rumah bagi tenaga kerja yang tergabung dalam peserta Jamsostek.

Kepala PT Jamsostek Jambi, Iswandhy Syaruly di Jambi, Senin mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) akan meluncurkan program pinjaman renovasi rumah-kerjasama bank (PRR-KB).

"Kita sudah melakukan sosialisasi untuk pelaksanaan program tersebut, yang nantinya segera direalisasikan pada tenaga kerja yang ingin mengembangkan atau merenovasi rumahnya," katanya.

Ia menyebutkan, pinjaman maksimal yang diberikan PT Jamsostek Rp30 juta masa pinjaman sampai sepuluh tahun dengan bunga enam persen.

Tenaga kerja yang tergabung dalam Jamsostek yang membutuhkan pinjaman renovasi lebih dari Rp30 juta akan dibantu oleh BTN, dengan bunga pinjaman berbeda.

Iswandhy mencontohkan, jika pekerja itu membutuhkan dana renovasi Rp100 juta, maka PT Jamsostek hanya bisa membatu Rp30 juta, sisanya Rp70 juta dipinjamkan oleh BTN dengan bunga berbeda.

Di Provinsi jambi saat ini tercatat sedikitnya 57.00 tenaga kerja yang tergabung dalam Jamsostek dari 1.300 perusahaan, sebagian besar sudah memiliki rumah.

Pekerja yang sudah memiliki rumah tersebut, jika ingin mengembangkan rumahnya seiring bertambahnya jumlah keluarga, dapat mengajukan dana PRR-BR.

Ke depan PT Jamsostek juga akan meluncur program baru dana untuk pembangunan rumah bagi pekerja yang sudah memiliki tanah bersertifikat.

"Pekerja yang sudah memiliki tanah bersertifikat nantinya juga dapat mengajukan pinjaman untuk membangun rumah yang besar dananya disesuaikan dengan pangkat dan golongan," kata Iswandhyi Syaruly.

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2010