Kamis, 30 Oktober 2014

Pesantren Al-ashriyyah Nurul Iman Perkuat Kerjasama Dengan AS

| 3.509 Views
id pesantren al-ashriyyah nurul iman, kerjasama pendidikan, amerika serikat
Bogor (ANTARA News) - Pondok Pesantren Al-Ashriyah Nurul Iman, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjalin kerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pengasuh Ponpes Al-Asriyyah Nurul Iman, Habib Saggaf bin Mahdi, Kamis di Bogor mengatakan, pihaknya berencana menguatkan jalinan kerjasama dengan AS dalam pengembangan pesantren yang ia asuh ke depan.

"Al-Ashriyyah Nurul Iman bertekad menjalin kerjasama yang baik dengan bangsa Amerika, terutama di bidang pengembangan pendidikan, iptek dan kebudayaan," papar Habib Saggaf bin Mahdi.

Pesantren Al-Ashriyah Nurul Iman terletak di Desa Warujaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang duhuni 18.000 santri dari berbagai penjuru nusantara.

Al-Ashriyyah Nurul Iman merupakan pesantren yang menjadi mitra program pengembangan pendidikan dan pertukaran kebudayaan Amerika - Indonesia.

Pada 16 Agustus 2010, rombongan Kedutaan Besar Amerika Serikat menyambangi secara langsung pesantren yang dibangun di atas areal ratusan hektare tersebut.

Kerjasama dengan Amerika terus berlanjut. Pada 24 September, kelompok musisi ternama asal negeri Paman Sam, hip hop Islami "Remarkable Current" unjuk kebolehan dengan manggung di depan belasan ribu santri Al-Ashriyyah Nurul Iman.

"Jalinan kerjasama dengan Amerika dilakukan untuk menguatkan persaudaraan sesama umat manusia. Melalui kerjasama diharapkan timbul saling pengertian dan penghormatan," ujar Habib Saggaf bin Mahdi.

Pihak Kedubes Amerika, kata Habib Saggaf bin Mahdi, menjadikan pesantren yang ia asih sebagai salah satu rujukan dan mitra program.

Faktor pemicunya yaitu pengembangan bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Mandarin sebagai bahasa pengantar kegiatan belajar mengajar serta bahasa percakapan sehari-hari santri.

Oleh karena itu, Amerika memberikan kesempatan puluhan beasiswa bagi santri Al-Ashriyyah Nurul Iman untuk melanjutkan studi program magister pada berbagai perguruan tinggi ternama di negara setempat. (ANT/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga