Hal tersebut membuktikan, produk tv kami dapat diterima dengan baik, hingga kami dapat terus memproduksi tv hingga15 juta unit,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Sharp Electronic Indonesia (SEID) memproduksi televisi (tv) ke-15 juta unit pada Pebruari 2013, setalah lebih dari 40 tahun berada di Indonesia.

"Hal tersebut membuktikan, produk tv kami dapat diterima dengan baik, hingga kami dapat terus memproduksi  tv hingga15 juta unit," kata Presdir SEID  Fumihiro Irie melalui keterangan pers di Jakarta, Jumat.

Sharp mengawali usaha di Indonesia dengan mengimpor tv hitam putih dari Singapura pada tahun 1969 dengan nama PT Yasonta. Seiring dengan meningkatnya permintaan, Sharp Corporation menunjuk  PT Yasonta   menjadi perwakilan dan perakit tunggal tv Sharp di Indonesia pada 1970.

Setahun kemudian, pada 11 Maret 1971 , PT Yasonta mulai memproduksi tv hitam putih pertama dengan kapasitas produksi sebanyak 1.500 unit per bulan, dengan ukuran 20 inci bermodel "kaki macan." Kemudian berkembang pada 1976 memproduksi televisi berwarna dengan kapasitas 500 unit.

"Produk televisi Sharp terus mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Indonesia, hal ini dibuktikan dengan Sharp menjadi pemimpin pasar untuk tv tabung pada 1999," katanya.

Sampai saat ini, lanjut dia, permintaan tv masih cukup besar. Ia optimis Sharp dapat terus menguasai pasar tv tabung yang saat ini mencapai 50 persen dari total pasar di Indonesia.

“Kami yakin kami dapat terus meningkatkan produksi dan tetap menjadi pemimpin pasar di tahun-tahun mendatang," ujar GM Pemasaran Produk SEID Herdiana Anita Pisceria menambahkan.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013