Karawang (ANTARA) -
Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp, meresmikan pabrik alat penyejuk udara (AC) di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC) di Karawang, Jawa Barat, Rabu.
 
Pabrik yang dibangun sejak bulan Februari 2022 dengan nilai investasi sebesar Rp582 miliar itu menempati lahan seluas 3,5 hektar dari total luas pabrik Sharp Indonesia 31 hektare.
 
"Didirikannya pabrik AC di Indonesia merupakan langkah Sharp untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik di pasar domestik maupun ekspor," kata Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka dalam acara peresmian pabrik itu di KIIC.
 
Untuk tahun pertama, pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sekitar 900 ribu unit per tahun. Ke depannya, Sharp menargetkan akan mengembangkan kapasitas produksinya hingga mencapai 1,2 juta uni per tahun.
 
"Memiliki kapasitas produksi sekitar 900 ribu unit per tahun untuk tahun pertama dan akan terus menambah kapasitas produksi sejalan dengan perkembangan bisnis kami hingga 1,2 juta unit per tahunnya," kata Shinji.
 
Lebih lanjut, Shinji menjelaskan pabrik AC Sharp di KIIC telah menyerap sebanyak 700 tenaga kerja lokal serta telah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 60 persen.
 
"Saat ini saat Indonesia telah memperkerjakan 700 karyawan dan kemungkinan akan terus bertambah serta menggunakan 60 persen komponen lokal yang berasal dari 30 supplier," ujar Shinji.
 
Kegiatan peresmian pabrik AC Sharp di KIIC turut dihadiri oleh Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Transportasi, dan Elektronik Kementerian Perindustrian, Taufik Bawazier dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi.
 
Taufik Bawazier menyampaikan bahwa dengan dibukanya pabrik AC di kawasan KIIC dapat berkontribusi dalam mewujudkan program substitusi impor yang tengah digalakkan pemerintah saat ini.
 
"Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian sangat mengapresiasi hadirnya pabrik baru yang ada di Karawang ini tentunya akan mendukung program pemerintah dalam konteks substitusi impor," kata Taufik.
 
Sementara Duta Besar Kenji Kanasugi berharap hubungan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Jepang dapat terjalin lebih erat dengan didirikannya pabrik AC Sharp di Indonesia serta mendukung kegiatan perusahaan Jepang di Tanah Air.
 
"Kepada pemerintah Indonesia agar dapat terus mendukung perusahaan-perusahaan Jepang untuk melakukan kegiatan mereka di Indonesia," ujar Kenji.

Baca juga: Sharp luncurkan "dehumidifier" dengan teknologi plasmacluster
Baca juga: Sharp Indonesia ajari pelajar SMA daur ulang sampah plastik
Baca juga: Sharp Indonesia rehabilitasi ekosistem biru di Hari Mangrove Sedunia

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023