Kami menargetkan pangsa pasar kulkas Sharp tahun ini sekitar 35-36 persen,"
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan elektronik Jepang, Sharp membidik 35--36 persen pasar lemari es (kulkas) di Indonesia tahun ini, yang diperkirakan mencapai sekitar 4,5 juta unit.

"Kami menargetkan pangsa pasar kulkas Sharp tahun ini sekitar 35-36 persen," kata GM Pemasaran Produk PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), Herdiana A Pisceria, di Jakarta, Rabu.

Tahun lalu, lanjut dia, Sharp mampu memimpin pasar dengan penguasaan sekitar 35 persen dari total penjualan kulkas secara nasional yang mencapai sekitar 3,7 juta unit. Tahun lalu penjualan kulkas Sharp telah mencapai 1,3 juta unit, dan diproyeksikan meningkat tahun ini mencapai sekitar 1,5 juta unit.  

"Pasar kulkas secara nasional tahun ini diproyeksi mencapai sekitar 4,5 juta unit," kata Herdiana. Jumlah tersebut naik sekitar 21 persen dibandingkan tahun lalu. Namun Sharp menargetkan pertumbuhan penjualan kulkas sekitar 15,4 persen.

Untuk mempertahankan kepemimpinan pasar  yang sebagian besar atau sekitar 80 persen dikuasai  kulkas dengan kapasitas di bawah 300 liter, SEID meluncurkan New Samurai dengan kapasitas 181 sampai 192 liter yang pasarnya cukup besar.

"Kami menargetkan penjualan produk baru tersebut mencapai 25 ribu unit/bulan," kata Herdiana yang memasarkan kulkas terbaru itu dengan harga antara Rp2,35 juta sampai Rp2,85 juta.

Ia optimistis target tersebut akan tercapai karena produk tersebut memiliki keunggulan berupa sistem pendinginan merata, kapasitas freezer yang 40 persen lebih besar dibandingkan produk sebelumnya, serta  hemat energi karena telah menggunakan lampu LED untuk menerangi kulkas.

"Kekuatan utama kami memang pada pasar kulkas satu pintu dan empat pintu," kata Herdiana. Namun ia optimistis kulkas dua pintu New Samurai mampu mendongkrak penjualan secara signifikan, mengingat telah terjadi pergeseran permintaan kulkas dari satu pintu ke dua pintu, seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat.

"Biasanya mereka yang beralih membeli kulkas dua pintu adalah konsumen yang baru berumah tangga atau mereka yang ingin mempercantik penampilan rumah," ujar Nana, panggilan Herdiana.     

Selain produk menengah ke bawah, Sharp juga meluncurkan kulkas kelas menengah atas melalui seri terbaru Papillon yang telah dilengkapi dengan ion plasmacluster untuk menonaktifkan kuman, bakteri, dan virus, serta teknologi pintu yang bisa dibuka dari sisi kanan dan kiri (untuk tipe premium).

Produk tersebut dipasarkan dengan harga sekitar Rp4,2 juta sampai Rp6,4 juta/unit. (*)

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013