Penghargaan itu untuk mengenang dan mengingat kembali Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Leiden,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Sri Sultan Hamengku Buwono IX mendapatkan penghargaan diploma dari Universitas Leiden Belanda karena almarhum pernah menuntut ilmu di universitas tersebut.

Penghargaan itu diserahkan Rektor Universitas Leiden Carel Stolker kepada Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Kamis.

Carel Stolker mengatakan penghargaan itu merupakan bentuk penghargaan yang tertinggi untuk mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dan Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku pewaris tahta Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Penghargaan itu untuk mengenang dan mengingat kembali Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Leiden," katanya.

Menurut dia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menempuh pendidikan di Universitas Leiden pada 1936 sampai dengan 1939, tetapi tidak sampai tamat karena terjadi Perang Dunia II.

"Sri Sultan Hamengku Buwono IX diminta oleh ayahnya Sri Sultan Hamengku Buwono VIII untuk pulang ke Indonesia, karena terjadi Perang Dunia II," katanya.

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Universitas Leiden atas pemberian penghargaan diploma kepada mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

"Penghargaan itu akan melengkapi Museum Pribadi Sri Sultan Hamengku Buwono IX sehingga masyarakat bisa melihat mendiang secara utuh," kata putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX itu.(*)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014