Surabaya (ANTARA News) - Pelatih Persela Lamongan Eduard Tjong mengakui Persebaya Surabaya sudah jauh lebih kuat dan solid permainannya dibanding saat kalah 0-3 dari timnya pada putaran pertama Indonesia Super League.

"Saat kami mengalahkan Persebaya di Lamongan pada awal putaran pertama, Persebaya masih mencari bentuk dan beradaptasi. Tapi, permainan mereka di putaran kedua ini sudah lebih solid," kata Eduard Tjong kepada wartawan di Surabaya, Senin, menanggapi pertemuan timnya dengan tuan rumah Persebaya pada Selasa (19/8).

Ia menyebut bergabungnya penyerang asal Kamerun, Emmanuel "Pacho" Kenmogne, yang kini menjadi top skor sementara dengan 17 gol, dan di putaran kedua masuk gelandang asal Liberia, Issac Pupo, membuat banyak perbedaan dalam permainan "Bajul Ijo".

Selain itu, materi pemain Persebaya lainnya juga berkelas dan anggota tim nasional, seperti Manahati Lestusen, Dedi Kusnandar, Fandi Eko Utomo, Alfin Tuasalamony, Ricardo Salampessy, dan Greg Nwokolo.

"Yang jelas, kami harus bekerja keras untuk mengimbangi permainan Persebaya. Target kami bisa mencuri poin di Surabaya," tambah Edu, sapaan akrab Eduard Tjong.

Persela yang kini menghuni peringkat ke-4 klasemen sementara Grup 2 (wilayah timur) dengan nilai 25, sedang berjuang mengamankan posisi untuk melaju ke putaran delapan besar. Mereka harus memaksimalkan empat laga tersisa untuk menambah poin.

Sempat tampil impresif selama putaran pertama, penampilan "Laskar Joko Tingkir" pada putaran kedua justru menurun. Dari enam laga, Roman Golian dan kawan-kawan hanya menang sekali, tiga kali seri dan dua kali kalah.

"Kami memang meraih hasil kurang maksimal pada putaran kedua, tapi anak-anak siap tempur menghadapi Persebaya. Kami optimistis bisa memenuhi target lolos ke babak delapan besar," kata Edu.

Ia menambahkan hampir seluruh pemain utamanya siap dimainkan lawan Persebaya, kecuali penyerang Addison Alves yang absen karena akumulasi kartu kuning.

Untuk mengisi tempat Alves, Edu kemungkinan besar akan menurunkan penyerang asal Bojonegoro, Bijahil Chalwa, yang memborong tiga gol kemenangan Persela atas Persebaya pada putaran pertama.

(D010/M026)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014