Pekanbaru (ANTARA News) - Jalan-jalan di Kota Pekanbaru, Riau, Senin sore tergenang banjir setelah hujan mengguyur meskipun hanya selama kurang lebih lima menit.

"Pekanbaru selalu banjir kalau diguyur hujan, walaupun hujannya cuma sebentar," kata salah seorang pengendara motor, Dicky (20), di Pekanbaru, Senin.

Beberapa ruas jalan yang tergenang banjir di antaranya Jalan Jendral Sudirman (di bawah fly over simpang Nangka) dan Jalan Sumatra. Genangan air mencapai 5-10 cm dan memicu kemacetan arus lalu lintas.

Kemacetan kian parah karena banyaknya kendaraan bersamaan dengan jam pulang kantor.

"Ini jamnya pulang kantor, jadi wajar banyak kendaraan yang melintas. Diperparah pula dengan banjir," ujarnya.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyatakan bahwa Pekanbaru sedang memasuki musim hujan.

"Potensi hujan yang ini karena Riau memang telah memasuki musim hujan sejak beberapa pekan terakhir," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Ardhitama.

Ia mengatakan, hujan berpotensi terjadi pada sore dan malam hari untuk sebagian wilayah di Provinsi Riau.

"Puncaknya diprediksi terjadi pada awal November dengan intensitas yang meningkat menjadi sedang-tinggi," katanya.

Namun Ardhitama menjelaskan, cuaca di sebagian besar wilayah Riau sekarang masih cenderung normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat.

Sebelumnya anggota DPRD Riau dari Fraksi PKB M. Yusuf Sikumbang meminta pemerintah daerah segera membenahi drainase di Kota Pekanbaru.

"Hal yang paling utama untuk warga Pekanbaru adalah hidup nyaman, tenteram, aman dan stabil. Tapi, itu terganggu ketika hujan lebat dan banjir datang karena banyak drainase yang tersumbat," katanya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014