Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapatkan bantuan sebanyak 7.285 kacamata dari sebuah pengelola jaringan ritel.

Pemberian donasi ribuan kacamata bagi pelajar itu dilakukan secara simbolis oleh Corporate Affairs Director Alfamart Solihin kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan kacamata ini. Memang seharusnya kami bisa lebih peka terhadap kebutuhan para pelajar di Jakarta, termasuk kebutuhan akan kacamata," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Bantuan tersebut diberikan Alfamart Alfamidi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa (YBBB

Mantan Bupati Belitung Timur itu pun meminta pihak sekolah, termasuk guru-guru untuk ikut aktif memerhatikan kebutuhan siswa-siswi di sekolah.

"Setiap hari anak-anak kan ketemu guru di sekolah. Kita berharap guru-guru itu bisa memerhatikan kebutuhan siswanya di sekolah, misalnya ada anak yang kurang berprestasi di kelas, coba diperhatikan lagi, jangan-jangan penglihatan anak tersebut mengalami silinder. Ini harus cepat dilaporkan," ujar Basuki.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, pemberian bantuan berupa kacamata serta pemeriksaan mata gratis bagi anak Indonesia tersebut merupakan rangkaian program Bright Eyes Future.

"Tahun ini, kami akan menyalurkan sebanyak 30.000 kacamata gratis untuk anak-anak di lebih dari 30 kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan anak-anak yang memerlukan kacamata semakin giat dalam belajar," tutur Solihin.

Dia mengungkapkan program itu bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan anak-anak yang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat. Bantuan itu merupakan hasil donasi konsumen Alfamart selama periode I dari Februari hingga 30 April 2015 senilai total Rp6,95 miliar.

Realisasi penyaluran bantuan hingga Juni 2015 tercatat sebanyak 19.231 kacamata kepada 211 sekolah di wilayah Jabodetabek, Malang, Surabaya, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Serang, Medan dan Batam. Sedangkan penerima donasi terbanyak adalah DKI Jakarta dengan jumlah 7.285 pelajar.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015