Pemenang akan mendapatkan medali dan sertifikat. Namun, biasanya juga akan mendapatkan kesempatan untuk bertanding ke level kejuaraan yang lebih tinggi,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) mengincar atlet muda potensial yang salah satunya lewat Liga Tenis Junior Nasional (LTJN) 2015 yang akan digelar ditiga kota yaitu Purwokerto, Bandung dan Surabaya.

"Ini adalah ajang yang baik bagi petenis pemula untuk merasakan iklim pertandingan. Kejuaraan ini adalah salah satu media untuk menjaring atlet potensial," kata Ketua Bidang Pertandingan PP Pelti Susan Soebakti di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, kejuaraan dengan titel Nassau LTJN 2015 ini akan dimulai di Purwokerto Jawa Tengah. Masing-masing kota akan menggelar kejuaraan sebanyak empat seri. Untuk Purwokerto akan dilakukan pada 7-9 Agustus, 26-28 September, 3-5 Oktober dan November.

Berikutnya di Bandung pada 15-17 Agustus, 19-21 September, 16-18 Oktober dan Novermber. Sedangkan di Bandung, 5-7 September, 24-26 Oktober, 7-9 November dan Desember.

Susan menambahkan, dengan ditetapkanya lokasi dan waktu pelaksanaan kejuaraan junior pihaknya berharap banyak petenis muda yang berpartisipasi. Apalagi kejuaraan ini bisa dijadikan pijakan untuk ke level berikutnya.

"Pemenang akan mendapatkan medali dan sertifikat. Namun, biasanya juga akan mendapatkan kesempatan untuk bertanding ke level kejuaraan yang lebih tinggi," katanya menambahkan.

Kembali digulirkannya LTJN juga diapresiasi oleh Sekjen PP Pelti Umbu Samapaty. Menurut dia, pembinaan atlet usia muda harus terus digalakan. Apalagi prestasi petenis Indonesia saat ini belum maksimal.

Dengan banyaknya kejuaraan yang digelar diharapkan mampu melahirkan petenis-petenis muda potensial yang kedepannya mampu menjadi tumpuan Indonesia pada kejuaraan-kejuaraan internasional.

"Selama ini memang masih banyak kendala terutama masalah sponsor. Tapi semuanya harus diupayakan agar pembinaan bisa berjalan berkesinambungan," katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif PT Nassau Sport Indonesia, Sun Tae Jung mengaku sangat mendukung pembinaan atlet muda di Indonesia. Untuk itu pihaknya melalui program CSR akan memberikan bantuan pada kejuaraan yang digelar oleh PP Pelti itu.

"Ini adalah salah satu komintem kami dalam membantu mengembangkan tenis di Indonesia," katanya.

Selain Nassau yang merupakan perusahaan peralatan olahraga, sponsor dari kejuaraan untuk atlet usia 10, 12, 14, 16 dan 18 tahun itu juga mendapatkan dukungan dari beberapa BUMN diantaranya adalah Pertamina.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015