Kontingen NPC Indonesia totalnya sebanyak 256 orang rencananya dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Solo, Sabtu (28/11) sekitar pukul 11.00 WIB,"
Solo (ANTARA News) - Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia bertekad mengulangi sukses menjadi juara umum pada ASEAN Para Games (APG) 2015, di Singapura, pada 3-9 Desember mendatang.

Meskipun, pesta olahraga multi event APG di Singapura bersaingannya semakin berat, tetapi NPC Indonesia tetap bertekad mengulangi sukses sebagai juara umum seperti APG sebelumnya di Myanmar, kata Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun, di Solo, Jumat.

Senny Marbun mengatakan kontingen NPC Indonesia sebanyak 190 atlet setelah menjalani pemusatan latihan di Kota Solo, kini sudah siap diberangkatkan ke Singapura.

"Kontingen NPC Indonesia totalnya sebanyak 256 orang rencananya dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Solo, Sabtu (28/11) sekitar pukul 11.00 WIB," kata Senny.

Menurut dia kontingen NPC Indonesia kemudian rencana diberangkatkan menuju Singapura melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Senin (30/11), sekitar pukul 08.00 WIB.

"Kami tetap optimistis kontingen NPC Indonesia yang mengikuti 11 dari 15 cabang olahraga yang dipertandingkan dapat merebut juara umum di APG Singapura. Dua negara sebagai saingan berat mengumpulkan medali Thailand dan tuan rumah Singapura," kata Senny.

Ketua Bidang Organisasi NPC Pusat, Rio Suseno, mengatakan, Kontingen NPC Indonesia yang mengirimkan sebanyak 190 atletnya akan mengikuti 11 dari 15 cabor yang dipertandingkan. 11 cabor itu, yakni tenis meja, panahan, atletik, renang, catur, angkat berat, goalball, menembak, boling, "7Aside foodball", dan bulutangkis.

"Indonesia tidak menurunkan atletnya di empat cabor yakni dayung, boccea, anggar, dan basket. Empat cabor ini, memperebutkan sekitar 36 medali emas," katanya.

Namun, kontingen Indonesia tetap mengharapkan raihan medali emas dapat dikumpulkan dari cabang renang, bulutangkis, tenis meja, catur, menembak, atletik, angkat berat, dan panahan.

Menurut dia, pada APG di Myanmar 2013 Indonesia menjadi juara umum, setelah mengumpulkan 99 medali emas, 69 perak dan 49 perunggu.

"Indonesia pada APG tahun ini, di Singapura, menargetkan minimal dapat merebut sebanyak 103 emas untuk aman menjadi juara umum," katanya.

Menurut dia, dari melihat semua atlet difabilitas kontingen Indonesia yang memiliki motivasi ingin menjadi yang terbaik untuk mengharumkan bangsanya melalui olahraga ini, pihaknya yakin target itu, dapat terealisasi.

"Kami berharap dukungan dan doa restu seluruh masyarakat Indonesia agar kontingen NPC kita tetap menjadi yang terbaik dan sukses meraih medali terbanyak yang kedua kalinya," katanya.

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015