Roma (ANTARA News) - Petenis peringkat satu dunia, Novak Djokovic, dapat mengatasi perlawanan Rafael Nadal untuk meraih kemenangan 7-5, 7-6 (4) pada pertarungan sengit yang berlangsung Jumat untuk mencapai semifinal Italia Terbuka 2016. 

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Andy Murray mengatasi kebangkitan petenis Belgia, David Goffin, untuk menang 6-1, 7-5.

Pada kategori putri, unggulan teratas Serena Williams tampil dominan ketika ia menang 6-2, 6-0 atas petenis Rusia Svetlana Kuznetsova untuk melaju ke empat besar.

Nadal unggul 4-2 atas Djokovic pada set pertama dan mengantungi lima set point saat melakukan serve pada kedudukan 5-4 di set kedua, namun lawannya mampu sedikit bertahan sebelum ia akhirnya meraih kemenangan di atas permukaan lapangan tanah liat pada pertandingan yang berlangsung selama dua jam 24 menit.

Ini merupakan kemenangan ketujuh beruntunnya atas petenis Spanyol itu, dan merupakan yang ke-11 dalam 12 pertemuan. Bagaimanapun, petenis Serbia itu perlu mengeluarkan semua kemampuannya saat bertahan untuk mengatasi perlawanan dari juara Prancis Terbuka sebanyak sembilan kali itu.

"Saya menahan rasa tegang saya pada momen-momen penting," kata Djokovic saat diwawancarai di pinggir lapangan.

"Bahkan saya mengalami awal yang menegangkan di kedua set, dengan beberapa game bagus dan permainan bagus di momen-momen krusial, saya mampu memenanginya. Ini merupakan kemenangan straight set, namun rasanya kami telah bermain sebanyak lima set."

Tampil cukup baik meski harus menghadapi tiupan angin yang kencang di sekliling Foro Italico, Nadal mematahkan serve lawannya untuk memimpin 3-2, namun Djokovic mampu menyamakan kedudukan pada skor 4-4 dan kemudian memenangi set pertama melalui set point keempatnya.

Pada set kedua Nadal mematahkan serve lawannya pada game pembukaan dan meski harus mendapat perawatan dari fisioterapi karena rasa sakit pada kaki kirinya, ia mampu menggenggam keunggulan 5-4.

Melakukan serve untuk menutup set ketika ia menggenggam lima set point, namun Djokovic mampu menyelamatkannya dan balik mematahkan serve lawannya, sebelum kemudian ia memenangi pertandingan melalui tiebreak.

Djokovic selanjutnya akan bertemu Kei Nishikori asal Jepang atau Dominic Thiem asal Austria.

Pada apa yang menjadi ulangan pertemuan mereka di final Piala Davis tahun lalu, petenis peringkat ketiga dunia asal Britania itu hanya kehilangan sepuluh angka ketika ia sangat mendominasi set pertama atas unggulan ke-12 tersebut.

Setelah pulih dari tertinggal 1-3 di set kedua, petenis Skotlandia itu melepaskan serve untuk menutup permainan pada kedudukan 5-4 namun servenya dapat dipatahkan, melalui pengembalian mengejutkan Goffin.

Murray kembali mematahkan serve lawannya di game selanjutnya dan melakukan serve untuk kedua kalinya dan memastikan pertemuan dengan Lucas Pouille asal Prancis.

Setelah mencapai semifinal di Monte Carlo pada bulan lalu dan final di Madrid pekan lalu, Murray mengatakan ia menikmati permainannya di lapangan tanah liat.

"Saya selalu mengatakan inilah permukaan di mana saya paling menikmati bermain di atasnya, karena ini sangat menantang," tambahnya.

Williams hanya memerlukan 51 menit untuk mengamankan kemenangan atas Kuznetsova, dan selanjutnya akan berhadapan dengan petenis Romania Irina-Camelia Begu, yang menyingkirkan petenis Jepang Misaki Doi dengan skor 6-2, 7-6 (3).

Semifinal lainnya akan mempertemukan runner up Wimbledon tahun lalu Garbine Muguruza asal Spanyol, yang menang 7-5, 6-2 atas petenis Swiss Timea Bacsinszky, dan petenis AS Madison Keys yang mengalahkan petenis Ceko Barbora Strycova dengan skor 6-4, 4-6, 6-3.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016