New York (ANTARA News) - Anatasija Sevastova, yang sempat berhenti berkompetisi tenis karena cedera pada 2013, menjadi petenis putri Latvia pertama yang mencapai perempat final AS Terbuka sejak 1994 ketika ia mengalahkan unggulan ke-13 asal Britania Johanna Konta 6-4, 7-5 pada Minggu.

Petenis non unggulan berusia 26 tahun itu, yang mengalahkan unggulan ketiga Garbine Muguruza di putaran kedua, membendung kebangkitan larut dari Konta untuk mencapai delapan besar Grand Slam untuk pertama kalinya.

Sevastova absen bermain selama 20 bulan sampai awal tahun lalu, setelah mengumumkan pengunduran dirinya pada Mei 2013 setelah serangkaian cedera.

"Itu adalah masa-masa sulit bagi saya pada 2013," kata petenis peringkat 48 dunia Sevastova. "Saya cedera dan tidak bersenang-senang dan saya sedikit depresi, namun kini saya kembali."

Pada pertandingan yang menampilkan 12 break serve itu, Sevastova memiliki match point pada kedudukan 5-3 dan match point selanjutnya pada 5-4, namun Konta mampu mematahkan servenya untuk membuat kedudukan imbang 5-5.

Namun petenis Latvia itu mendapatkan kembali ketenangannya untuk menahan serve dan kemudian mematahkan serve Konta untuk mengamankan kemenangan.

Konta berupaya menjadi petenis putri Britania pertama yang mencapai perempat final di New York sejak Jo Durie pada 1983. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016