Pidie, Aceh (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, Minggu, mengunjungi RSUD Tengku Chik Ditiro Sigli, Kabupaten Pidie, salah satu rumah sakit yang menangani korban musibah gempa Aceh.

Hamzah yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera itu mengapresiasi praktik penanganan korban di RSUD itu dan menilainya sebagai salah satu wujud nyata semangat gotong royong di tengah masyarakat.

"Yang kita lihat ini salah satu sikap kegotongroyongan dalam masyarakat dan juga para tenaga medis, khususnya dokter bedah," kata dia. 

"Jadi para dokter bedah ini datang dari seluruh Indonesia, terutama kota-kota besar, datang ke sini membawa alat sendiri dan obat-obatan sendiri," ujarnya.

Gempa Bumi di Pidie Jaya itu menyebabkan 101 korban jiwa, 139 orang luka berat dan 718 orang luka ringan, demikian data terakhir BNPB, Sabtu (10/12).

"Jadi karena memang datangnya tiba-tiba dan banyak juga korban yang tertimpa bangunan sehingga mengalami patah tulang beragam. Nah di RSUD ini ada sekira 60-an pasien patah tulang dan itu ditangani dalam kurun waktu tiga hari, itu luar biasa semangat gotong royongnya," kata Hamzah.

Oleh sebab itu, lanjut dia, selaras dengan semangat gotong royong yang diperlihatkan masyarakat dalam reaksi tanggap bencana gempa  Pidie Jaya, maka negara harus bisa memastikan fasilitas yang dibutuhkan tidak kekurangan.

"Sebab semangat gotong royong masyarakat sudah luar biasa dan selanjutnya tugas pemerintah untuk memastikan tidak ada kekurangan baik fasilitas maupuin obat-obatan," katanya. 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016