Kami ingin menunjukan bahwa toleransi umat beragama di Papua berjalan baik."
Jayapura (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto rencananya akan menghadiri Perayaan Natal bersama aparat sipil negara (ASN), TNI, Polri dan masyarakat Papua di Gelanggang Olah Raga (GOR) Cenderawasih, Kota Jayapura, pada 16 Desember 2016.

Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya akan menyesuaikan dengan jadwal dari Menkopolhukam Wiranto.

"Perayaan Natal bersama ini, Pemprov Papua akan melibatkan umat Muslim, karena pemerintah ingin menunjukan kalau Bumi Cenderawasih adalah tanah damai," katanya.

Lukas menjelaskan jika halal bihalal, umat Kristiani dilibatkan sebagai panitia, sebaliknya Natal akan dilibatkan umat Muslim.

"Kami ingin menunjukan bahwa toleransi umat beragama di Papua berjalan baik," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Sekretaris Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Provinsi Papua Yoseph Watori mengatakan bahwa pihaknya ingin perayaan Natal tak berakhir begitu saja, tapi terpatri di hati seluruh masyarakat dan aparat pemerintah, TNI dan Polri.

"Untuk itu, semua pihak harus saling mendukung untuk mempersiapkan semua ini sampai dengan pelaksanaan," katanya.

Sekadar diketahui, Natal Nasional pada 2016 mengusung tema "Hari ini telah Lahir Bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan di Kota Daud (Lukas 2:11)".

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016