Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak masyarakat korban gempa bumi Pidie Jaya, Aceh, agar selalu optimistis meski didera musibah.

"Selalu ada sisi kebaikan di balik bencana. Terkadang Allah menciptakan kepedihan dan penderitaan. Tetapi yakinlah pada saat yang sama Allah memberikan kesenangan dan kegembiraan. Dia menciptakan sesuatu berpasang-pasangan," kata Lukman dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Motivasi oleh Lukman itu diberikan saat dirinya melakukan peninjauan ke lokasi bencana di Aceh. Menag juga menyerahkan bantuan sebesar Rp4 miliar lebih.

Bantuan tersebut diberikan kepada sejumlah fasilitas yang rusak terutama madrasah, pondok pesantren, masjid, rumah hunian dan lainnya.

Untuk bantuan hunian, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Mastuki mengatakan bantuan rumah tumbuh diberikan kepala keluarga yang rumahnya hancur.

Bantuan, kata dia, diberikan dengan konsep rumah tumbuh setengah permanen dengan harapan bisa dilanjutkan oleh masing-masing keluarga. Pembangunan rumah tumbuh semuanya di atas lahan milik mereka yang rumahnya hancur.

Gempa 6,5 Skala Richter yang mengguncang Aceh pada Rabu (7/12) menyebabkan sejumlah bangunan rumah, rumah ibadah, madrasah dan lembaga pendidikan Islam terdampak dengan bermacam tingkat kerusakan.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016