counter

Personil Kodim 0415/Batanghari gelar sholat Istisqa

Personil Kodim 0415/Batanghari gelar sholat Istisqa

Sebanyak 150 personil TNI dan PNS Kodim 0415/Batanghari, Jambi menggelar kegiatan shalat Istisqa atau shalat minta hujan yang digelar di lapangan Markas Kodim yang berlokasi di kawasan Puncak, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Senin (19/8/2019). (Antara.jambi/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 150 personil TNI dan PNS Kodim 0415/Batanghari, Jambi melakukan sholat Istisqa atau shalat minta hujan yang mereka gelar di lapangan Markas Kodim yang berlokasi di kawasan Puncak, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Senin.

Bertempat di Lapangan Makodim 0415/Batanghari telah dilaksanakan kegiatan sholat Istisqa (shalat minta hujan) personil Kodim yang dipimpin langsung oleh Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Widi Rahman dan yang bertindak sebagai Imam sholat Istisqa itu Afip, Bilal dan Khatib Sertu Munazir.

"Kami seluruh personil Kodim dan PNS sebanyak 150 orang melakukan shalat minta hujan agar Jambi diberikan hujan agar api karhutla dapat dipadamkan dan Jambi bisa terbebas dan hilang dari kabut asap," kata Dandim Letkol Inf Widi Rahman.

Baca juga: Korem 042/Gapu gelar shalat minta hujan

Baca juga: Warga Palangka Raya shalat istisqa untuk memohon hujan
 

Hadir dalam acara shalat Istisqa tersebut, Kasdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beni, Pasi Inteldim Kapten Inf Amru, Pasi Terdim Kapten Inf Darminto, Pasi Persdim Kapten Arm Irpan Kito, Pasi Logdim Kapten Cba Zuf Hendri, Pasandi Kodim Letda Inf Tanjibar dan seluruh Danramil di jajaran Kodim Batanghari.

Rangkaian acara dilakukan pembukaan dan sambutan dari Dandim, dilanjutkan penyampaian tata tertib shalat Istisqa oleh Sertu Munazir, shalat dua rakaat, khutbah dua atau sekali sebelum (atau setelah) shalat, kemudian masuk khutbah pertama khatib membaca istighfar sembilan kali dan sebelum masuk khutbah kedua khatib membaca istighfar tujuh kali serta perbanyak doa dalam khutbah kedua.

Dalam khutbah yang disampaikan Sertu Munazir dikatakan, kabut asap dan kebakaran hutan yang terjadi tidak lain dan tidak bukan adalah semata-mata karena perbuatan manusia sendiri, kenapa manusia diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala itu hanya semata-mata untuk menyembah Allah SWT.

Kegiatan shalat Istisqa Kodim 0415/Batanghari selesai dengan tertib dan aman. Kegiatan bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan di Jambi yang sedang dilanda kekeringan, kabut asap dan kebakaran hutan, dan guna meminimalisir dampak kabut asap dan kebakaran hutan yang terjadi di kota dan kabupaten.*

Baca juga: Polres Bengkayang gelar Shalat Istisqa dan doa mohon hujan turun

Baca juga: Muslim Pamekasan laksanakan shalat istisqa

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar