counter

Tenis

Baena sangat antusias hadapi Djokovic di putaran pertama US Open

Baena sangat antusias hadapi Djokovic di putaran pertama US Open

Petenis Serbia Novak Djokovic bersama trofi setelah menjuarai Grand Slam Wimbledon dengan mengalahkan Roger Federer dari Swiss (14/7/2019). ANTARA/REUTERS/Andrew Couldridge/aa. (REUTERS/ANDREW COULDRIDGE)

Jakarta (ANTARA) - Roberto Carballes Baena, petenis 32 tahun asal Spanyol, untuk pertama kalinya akan menjadi penantang nomor satu dunia Novak Djokovic dalam laga perdana US Open yang berlangsung hari Senin.

"Bagi saya itu adalah pengalaman hebat. Saya sangat senang karena ini pertama kalinya saya bermain di lapangan megah dan bisa bermain melawan petenis nomor satu dunia," kata Baena mengutip ATPTour.com, Senin.

Ia menceritakan bahwa mulai bermain tenis ketika baru berusia tiga tahun dan belajar memukul bola dengan ayahnya, yang bukan seorang pelatih, namun sebatas penggemar tenis yang rajin menonton pertandingan.

Ayahnya bekerja selama 20 tahun di London sebagai manajer restoran, dan kala itu ia selalu datang ke Wimbledon untuk menyaksikan bintang tenis beraksi.

Sekarang putranya justru akan menghadapi pemain terbaik dunia dalam salah satu panggung tenis termegah.

"Saya pikir ini adalah stadion terbesar di dunia. Tapi saya sudah bermain di lapangan tengah di Barcelona dan lapangan lainnya dengan banyak orang. Saya akan mencoba melakukan yang terbaik dan menikmati pertandingan," katanya.

Carballes Baena telah menghadapi petenis peringkat tinggi sebelumnya, termasuk mantan nomor satu dunia Rafael Nadal di Barcelona tahun lalu.

Namun, petenis peringkat 76 di ATP Rankings ini belum pernah mengalahkan lawan Top 10, dengan catatan pertandingan 0-3.

Ia juga tahu bahwa bertarung melawan Djokovic, yang hanya satu kali gagal mencapai final US Open 2014 dalam delapan penampilan ini, akan menjadi tugas yang sulit.

"Saya sedikit gugup karena dia adalah pemain paling solid di dunia. Dia memainkan backhand dan forehand yang menakjubkan. Dia melakukan semuanya dengan baik. Jadi saya tidak tahu, mungkin besok saya akan bermain dengan sangat baik dan memainkan pertandingan yang hebat," pungkas Cabaena.

Cabaena sudah menyaksikan banyak pertandingan Djokovic, khususnya final Australia Open tahun ini saat melawan Nadal dan kemenangan Wimbledon baru-baru ini melawan Roger Federer.

Tapi apapun pertaruhannya, Carballes Baena akan berjuang keras, sama seperti idolanya David Ferrer yang sudah memberikan saran dan masukan bagi dirinya menghadapi US Open.

"Saya harus bekerja keras, karena cara saya mendapatkan poin adalah dengan rally yang menurut saya sulit. Saya harus memperhatikan kebugaran. Kebugaran saya adalah hal yang paling penting," katanya.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kisah Christopher Rungkat tembus babak utama Wimbledon

Komentar