counter

Formula 1

Leclerc dominasi dua sesi latihan bebas di Monza

Leclerc dominasi dua sesi latihan bebas di Monza

Pebalap Ferrari Charles Leclerc di sesi latihan GP Italia, Sirkuit Monza. (6/9/2019) Reuters/Massimo Pinca

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ferrari Charles Leclerc mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas FP2 GP Italia, Jumat, mengungguli Lewis Hamilton dari tim Mercedes yang membayangi di peringkat dua.

Leclerc, yang juga tampil tercepat di FP1, mencatatkan waktu satu menit 20,987 detik di sesi latihan siang untuk membawanya unggul 0,068 detik dari Hamilton, demikian laman resmi Formula 1.

Pebalap asal Monako itu memulai sesi FP2 dengan ban hard dan kemudian berganti ban soft setelah 20 menit. Sebastian Vettel lebih lambat 0,201 detik dari rekan satu timnya itu untuk finis peringkat tiga.

Pebalap terpaksa masuk ke garasi setelah 30 menit pertama karena hujan kembali mengguyur trek. Tak lama kemudian mereka turun ke trek setelah cuaca mulai membaik walaupun gerimis masih membasahi sirkuit.

Ferrari dan Monza sedang merayakan hari jadi mereka yang ke-90 pekan ini, ribuan tifosi Ferrari pun telah memadati sirkuit yang terletak di luar kota Milan itu walaupun hujan mengguyur.

Ferrari belum pernah menang lagi di Monza sejak 2010 kala pebalap Spanyol Fernando Alonso naik podium teratas untuk tim Kuda Jingkrak waktu itu.

Tim tuan rumah berharap tuah balapan kandang di sirkuit yang dipandang cocok dengan karakter mobil SF90 Ferrari untuk merebut kemenangan keduanya musim ini.

Lewis Hamilton saat ini memuncaki klasemen pebalap sementara, terpaut 65 poin dari rival terdekat, Valtteri Bottas, yang juga rekan satu timnya di Mercedes, dengan delapan balapan tersisa.

Baca juga: Monza diguyur hujan, Leclerc tercepat di FP1 GP Italia

Sebelumnya, sesi latihan pagi menyaksikan tiga bendera merah dikibarkan ketika sejumlah pebalap mengalami kecelakaan di trek.

Mobil Alfa Romeo yang dikendarai Kimi Raikkonen melintir dan terjebak di gravel tikungan Parabolica dengan seketika mengakhiri sesi latihan tanpa mencatatkan waktu di FP1.

Sergio Perez juga kehilangan kendali mobil Racing Point-nya ketika keluar tikungan Ascari yang berujung kerusakan kedua sayap mobilnya dan kemungkinan kerusakan girboks.

Pierre Gasly juga membuat sesi latihan FP1 dihentikan sementara untuk kali ketiga ketika mobil Toro Rosonya melintir di tikungan yang sama.

Baca juga: Mercedes waspadai ancaman Ferrari di Monza

Baca juga: Tifosi Ferrari berpesta, Monza tetap di kalender F1 hingga 2024


Setelah jam makan siang, Valtteri Bottas finis P4 di FP2 mengungguli dua pebalap Red Bull Max Verstappen, yang menggunakan power unit Spec 4 Honda, dan Alexander Albon di P5 dan P6.

Pierre Gasly, yang bertukar tempat dengan Albon, finis P7 dengan mobil Toro Rosso.

Hanya terpaut 0,029 detik di belakang Gasly, Romain Grosjean finis P8 untuk Haas, diikuti oleh Daniel Ricciardo di P9 dengan Renault.

Kemudian pebalap Red Bull Daniil Kvyat melengkapi 10 besar pebalap tercepat di FP2.

Verstappen akan start dari grid belakang karena melakukan pergantian mesin, demikian pula Gasly dan Lando Norris (McLaren) mendapat penalti yang sama di balapan nanti.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar