Jakarta (ANTARA) - Di era digital, segala sesuatu seakan memiliki proses yang singkat alias praktis. Hal tersebut tentunya memudahkan kehidupan setiap orang.

Era digital turut melahirkan berbagai gaya hidup baru yang secara tak sadar telah merambah masyarakat luas. Lantas, apa saja dampak positif kemajuan teknologi digital bagi hidup kita?

Pertama, kemudahan komunikasi.

Jika dulu surat menyurat hanyalah satu pintu untuk menyambung komunikasi, maka sekarang siapa pun bisa memilih beberapa opsi untuk berhubungan. Mulai dari telepon, email, bahkan chatting melalui media sosial bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, proses komunikasi yang singkat pun didukung dengan biaya relatif terjangkau. Walau demikian, kemudahan komunikasi tetap perlu dilakukan secara berhati-hati. Pasalnya, masih ada beberapa pihak menggunakan sistem komunikasi untuk hal negatif.

Jadi, tetaplah cermat menggunakan berbagai media komunikasi, ya.

Kedua, berbelanja antiribet.

Kini, semakin sedikit saja halangan saat kita membutuhkan sesuatu. Meski hujan, siapa pun tak perlu takut kelaparan. Meski tidak memiliki kendaraan, kita tetap bisa membeli keperluan.

Ya, bahkan kegiatan belanja kini bisa dilakukan tanpa perlu bepergian. Cukup mencari barang yang dibutuhkan secara online dan dilanjutkan transaksi, siapa pun bisa berbelanja. Kemudahan di atas tentu berdampak positif bagi berbagai pihak. Mulai dari ibu rumah tangga yang tak bisa bepergian, wirausahawan yang selalu sibuk, bahkan mahasiswa yang tak memiliki kendaraan, tetap bisa memenuhi kebutuhannya tanpa repot bepergian.

Meski begitu, kemudahan berbelanja ini tetap harus dibatasi agar budget kebutuhan tidak minus, ya.
 
HP membuat semua jadi mudah


Ketiga, transaksi tanpa dompet.

Ketinggalan dompet di rumah? Sekarang tak perlu khawatir lagi karena ada dompet elektronik dalam smartphone. Bayangkan saja, Anda bisa melakukan transaksi apapun mulai dari belanja di supermarket, makan di restoran, bahkan jajan di kaki lima hanya dengan smartphone.

Tentunya, smartphone harus dilengkapi dengan aplikasi dompet elektronik yang berisi saldo. Selain simpel, penggunaan dompet elektronik ini juga bisa lebih menguntungkan. Pasalnya, ada banyak promo menarik di setiap transaksi. Sebagai tips, cobalah untuk rutin mengubah sandi demi keamanan akun Anda.

Keempat, praktis saat traveling.

Satu lagi yang tak kalah menarik di mana kegiatan traveling semakin mudah di era digital.

Bagaimana tidak, kini pembelian tiket transportasi bisa dilakukan secara praktis dan mudah. Salah satunya adalah tiket kereta api yang bisa dibeli melalui aplikasi Traveloka.

Cara pesan tiket kereta api amat praktis, yakni dengan memilih menu kereta api di Traveloka kemudian masukkan tanggal berangkat yang diinginkan.

Selanjutnya, Anda juga bisa memilih kursi sesuai keinginan. Terakhir, lakukan transaksi melalui bank transfer, kredit, maupun PayLater.

Jadi, tak perlu lagi mengantre untuk mendapat tiket kereta. Amat praktis, bukan?

Kelima, sarana Informatif.

Tak ketinggalan, era digital turut mengubah arus informasi menjadi kian cepat. Penyebaran informasi dan berita bisa diakses siapapun dengan begitu gampang.

Misalnya saja, kini kita dapat mengakses informasi hanya dalam genggaman tangan via smartphone, tanpa perlu berkunjung ke berbagai perpustakaan terlebih dahulu.

Namun perlu diingat, cepatnya arus informasi di era digital juga patut diantisipasi setiap orang. Anda tetap perlu memilah informasi yang memiliki sumber terpercaya.

Dengan begitu, informasi yang didapat merupakan berita benar. Jadi, sarana digital apa saja yang sudah Anda aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari?

Tentunya, setiap kemajuan perlu diikuti dengan sikap cermat penggunanya. Anda tidak boleh kalah pintar dengan apa yang disediakan teknologi. Dengan begitu, niscaya kehadiran teknologi digital akan membawa dampak positif bagi setiap pihak.

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019