Jakarta (ANTARA) - Rutin menggunakan rangkaian produk perawatan wajah (skincare), mulai dari pembersih, toner, serum, hingga krim pelembap, yang berharga mahal sekalipun belum cukup untuk membuat kulit sehat dan bersinar (glowing).

Menurut dr Merylla Jane yang berpraktik di klinik Skin+, semua rangkaian produk untuk wajah itu perlu didukung dengan tindakan perawatan lanjutan (treatment) untuk mengatasi beragam masalah kulit seperti pori-pori tersumbat, keriput, komedo, kulit kering, jerawat, dan lingkar hitam di bawah mata.

"Skincare itu perlu bantuan dari treatment. Skincare hanya menembus lapisan luar dari kulit sehingga perlu treatment yang akan membuka pori-pori, menghilangkan sel kulit mati sehingga skincare bisa meresap lebih dalam," katanya, di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Ini langkah perawatan wajah yang benar untuk remaja

Baca juga: Punya kulit sensitif, Gracia Indri tak mau sembarangan perawatan


Perawatan lanjutan yang dimaksud, kata dr Jane, bisa meliputi tindakan menghilangkan komedo dengan menggunakan alat dan teknik yang aman, mikrodermabrasi guna mengangkat sel-sel kulit mati, dan laser atau terapi sinar untuk mendorong peremajaan kulit.

Meski saat ini sudah banyak produk facial seperti skrub wajah yang dijual bebas di toko-toko, ia mengatakan itu saja tidak cukup karena hanya mampu menghilangkan sel kulit mati pada lapisan paling luar saja.

"Regenerasi kulit terjadi setiap 28 hari. Dalam waktu 28 hari, ketika sel kulit mati naik ke atas saat itu kita perlu lakukan treatment." ujarnya.

Baca juga: Tip dasar pakai produk perawatan wajah menurut dokter kulit

Baca juga: Kebiasaan sederhana agar kulit sehat bercahaya


Perawatan yang dilakukan rutin setidaknya tiga minggu atau satu bulan sekali, akan membantu menghilangkan masalah pada kulit. Ketika kulit sehat, ujarnya, krim-krim akan terserap dengan baik dan hasilnya bakal terlihat nyata, wajah bersih, bersinar, merona, lembap, dan kenyal.

Lalu sejak usia berapa seseorang sebaiknya mendapat tindakan perawatan?

"Sejak usia remaja, SMA, sudah bisa melakukan treatment, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya untuk membersihkan wajah, tidak perlu yang invasif," ujarnya.

Selain menggunakan rangkaian produk kecantikan dan perawatan lanjutan, dr Jane juga menekankan pentingnya menjaga gaya hidup. Karena gaya hidup yang tidak sehat seperti stres berlebihan, merokok, kurang tidur, tidak menjaga asupan nutrisi, akan menyebabkan degenerasi kulit.

Terakhir, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk cermat memilih tempat perawatan kecantikan dan produk yang digunakan. "Pastikan ditangani oleh benar-benar dokter, dan produk skincare-nya lolos BPOM," demikian dr Jane.

Baca juga: Langkah cegah keluhan produk perawatan kulit

Baca juga: Soal pria gunakan produk perawatan kulit wanita, ini kata dokter

Pewarta: Heppy Ratna Sari
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019