Kemarin kita menggelar aksi di Kantor Gubernur dan ingin menemui gubernur, tapi tidak ada. Apakah hari ini kita ditemui anggota DPRD Sumbar
Padang, (ANTARA) - Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di daerah itu unjuk rasa di DPRD Sumatera Barat, menyatakan penolakan terhadap pengesahan beberapa Rancangan Undang Undang oleh DPR RI.

Salah seorang mahasiswa Muhammad Jalal saat orasi di Padang, Rabu mengatakan kedatangan mahasiswa ke DPRD Sumbar untuk menyampaikan penolakan mereka.

"Kemarin kita menggelar aksi di Kantor Gubernur dan ingin menemui gubernur, tapi tidak ada. Apakah hari ini kita ditemui anggota DPRD Sumbar," katanya.

Baca juga: Polresta Padang kerahkan 350 personel kawal demo DPRD Sumbar
Ia mengatakan mahasiswa datang untuk menyampaikan aksi menolak Rancangan UU KUHP, RUU Permasyarakatan, dan lainnya.

Sebelumnya ribuan mahasiswa tersebut long march dari kampus mereka dan berkumpul di Simpang Presiden Khatib Sulaiman sekitar pukul 10.30 WIB.

Mereka menunggu rekan-rekan dari kampus lain di lokasi tersebut, sebelum menjalankan aksi di DPRD Sumbar.

Mereka membawa sejumlah spanduk berisikan tuntutan penolakan terhadap rencana pemerintah pusat atas rancangan undang-undang.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sementara Irsyad Syafar yang menemui mahasiswa bersama beberapa anggota DPRD Sumbar mengatakan akan menyampaikan tuntutan tersebut kepada DPR RI

"Kita akan perjuangkan aspirasi mahasiswa terkait penolakan tersebut," ucapnya.

Unjuk rasa tersebut terus berjalan sejak pukul 10.30 WIB. Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan negeri memenuhi halaman Kantor DPRD Sumbar.

Hingga pukul 12.40 WIB mahasiswa masih menjalankan aksinya yang dikawal sekitar 600 anggota polisi.

Baca juga: Mahasiswa Sumbar segel ruang kerja Gubernur

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019